Zairin Zain Nahkodai LKPN Kaltim Kembangkan Pertanian dan Wisata Sambut IKN

Zaitun Zain pimpin LKPN Kaltim Lima Tahun Kedepan siap menyambut Kaltim sebagai IKN. Ist

Dr. Ir. H. Zairin Zain, M.Si adalah seorang pensiunan Kepala Bappeda Kaltim dan sempat Penjabat Sementara Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Samarinda kini menahkodai Sesuai dengan visinya, Lembaga Kemitraan Pembangunan Nasional (LKPN) provinsi Kalimantan Timur lima tahun kedepan.

LKPN yang memiliki visi yakni terwujudnya masyarakat Indonesia yang cerdas, sejahtera, adil dan bermartabat. Dan LKPN juga memiliki misi yang mulia yaitu, mengentaskan kemiskinan melalui program pembangunan di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, koperasi usaha kecil menengah, infrastruktur dan perumahan rakyat.

Zairin Zain.MSi, pada Selasa (8/01/2022) saat rapat kerja bersama LKPN Kabupaten dan Kota mengutarakan, lembaga ini sudah terbentuk kurang lebih sepuluh tahun lalu, juga akan terlibat dalam mewujudkan Ibu kota Negara (IKN). ” LKPN mempersiapkan diri dalam menyiapkan skill tenaga pertanian, skill tenaga kelisterikan, skill tenaga instlasai air dan memajukan destinasi wisata baik berupa Kuliner, tarian dan ornamen daerah Kalimantan untuk sambut IKN” terang Zairin saat pimpin rapat.

Baca Juga :  SMP Muhammadiyah Raih Medali Emas dan Perak Pencak Silat Antar Pelajar

Zairin Zain yang akrab disapa Zairin ini banyak menghabiskan masa remajanya di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Mulai Pendidikan Dasar dan menengah dijalani Zairin di SDN 002 Tenggarong SMPN 1 dan SMAN 2 Tenggarong ini sangat tertarik mengembangkan destinasi wisata yang sudah banyak dimiliki oleh Kutai Kartanegara. “Ini harus dipromosikan dalam upaya liburan warga IKN dan menarik wisatawan lokal dan mancanegara” jelas Zairin lagi

Sementara dibidang Pertanian Zairin yang merupakan alumnus (S1) di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman,Samarinda. Lalu mengambil gelar master di Universitas Brawijaya jurusan Sosial Ekonomi Perikanan. Dan berhasil menyandang gelar doktor dari Universitas Diponegoro, Fakultas Perikanan Jurusan Manajemen Sumber Data Pantai. Ini menyebutkan akan bersinergi dengan pemerintah pusat bagaimana membangun industri hilirnya. “Hasil pertanian kita sudah luar biasa, tinggal kita buatkan industri hilirnya agar bisa menciptakan lapangan kerja dan menambah pendapatan lagi bagi petani beserta keluarganya” terang Zairin pada Haluan Indonesia. (Var)

Baca Juga :  Polres Lamtim Tangkap Guru Cabul

Pos terkait