Yayasan TPB Simpatik Beri Bantuan ke Warga Kapuran yang Terdampak Banjir Rob

  • Whatsapp
Yayasan TPB Simpatik Beri Bantuan ke Warga Kapuran yang Terdampak Banjir Rob

TANGGAMUS – Sebelum Pemerintah Tanggamus memberi warganya bantuan, akhirnya Warga Kapuran yang terkena dampak banjir rob waktu lalu akhirnya kini mereka mendapatkan bantuan melaui Zaenal Abidin, Hery dan M. Buang, Merka anggota sekaligus Perwakilan dari Yayasan Tanggap Peduli Bencana (TPB) yang ber alamat di Kampung Bahari, Gang II, no 232 Rat/ 005/006, Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan memberikan sembako kepada Lurah Pasar Madang Dede Chandra. Kamis (11/11/2021).

Sebelumnya, pada 07/11/2021 bencana alam terjadi, akibat Cuwaca buruk Air Laut Naik terjadilah banjir Rob yang mengakibatkan belasan Rumah warga kapuran, kelurahan pasar madang, kecamatan kotaagung, kabupaten tanggamus, lampung Hancur di terjang Ombak air laut waktu lalu sampai beberapa rumah warga hancur akibat banjir rob.

Namun sudah 1 minggu setelah kejadin bencana alam tersebut, mereka belum juga mendapatkan bantuan oleh pemkab tanggamus dan terkesan mengabaikan dan tutup mata melihat beberapa warganya menjerit dan menangis akibat bencana alam yang menimpa mereka.

Jika memang pemerintah kabupaten tanggamus bijaksana, terhadap warga yang terdampak bencana alam kelurahan pasar madang, mereka bisa memerintah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus, sedangkan Funsi BPBD adalah Untuk melaksanakan tugas sebagaimana BPBD menyelanggarakan fungsi, perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat, tepat, efektif dan efisien dan pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terkoordinir dan terpadu dengan anggaran yqng sudah ditetapkan.

Baca Juga :  Jelang Nataru PPKM Level 3, Polres Tanggamus Bersama TNI dan OPD Pemkab Gelar Patroli Skala Besar

Lanjut, Harapan warga yang terkena dampak banjir Rob kemarin saat di jumapai awak media Haluan Indonesia, Kamis, 07/11/21 mereka berharap agar mereka di Relokasi (Pemindahan tempat) oleh pemerintah kabupaten tanggamus, karna rumah yang meraka saat ini tinggali tak layak lagi dan sedikit trauma akibat banjir rob waktu lalu yang menimpa mereka.

“Untuk saat ini kami berharap agar kami di relokasi oleh pemerintah Kabupaten Tanggamus karna kami tidak mampu untuk membeli tanah atau membangun rumah yang baru, kami berharap agar kebijakan oleh bupati tanggamus agar mendengarkan jeritan kami warga kecil.” harapnya kepada pemkab Tanggamus.

Diwaktu yang berbeda, dalam keterangan, Lurah pasar madang Dede Chandra, saat di minta tanggapan oleh awak media Haluan Indonesia, saat mengantarkan perwakilan dari yayasan TPB Tanjung priok jakarta utara untuk meninjau dilokasi yang terkana banjir rob dan mengkonfirmasi terkait bantuan yang sudah diberikan kepada mereka dan permintaaan dan harapan meraka yang meminta relokasi dari lokasi yang saat ini mereka tempati.

Baca Juga :  Bupati Dewi Handajani Lepas Peserta Gowes Amal di Pekon Campang

”Untuk bantuan alhamdulillah sudah ada dari yayasan TPB namun untuk bantuan dari pemkab tanggamus atau BPBD Tanggamus saat ini belum ada bantuan apapun, jika terkait harapan mereka saya belum bisa menjawab karena permintaan warga yang meminta relokasi ini saya akan berkoordinasi kepada kecamatan atau pemerintah daerah kabupaten tanggamus, agar harapan dan permintaan Meraka bisa terwujud, jika untuk meleralisasikan permintaaan mereka memakai anggaran di kelurahan pasar madang mungkin tidak akan cukup untuk merealisasikan permintaan mereka.” Pungkasnya Kepada Awak media Haluan Indonesia, Kamis (11 /11/2021).

Tak hanya itu saja, Ari ketua Lembaga AMPI DPC Tanggamus, ikut berkomentar terkait pemkab tanggamus yang belum juga meliahat dan memberi mereka bantuan, bahkan terkesan tutup mata merlihat warganya yang sedang terkena musibah akibat banjir rob.

Baca Juga :  193 Pesilat Bertarung Pada PORKON 2021 Cabang Olahraga Pencak Silat Zona 1

“Sebelum orang lain yang memberi mereka bantuan kepada warga yang terkan bencana alam ini seharusnya pemkab tanggamus melalui BPBD Kabupaten Tanggamus yang mempunyai anggaran APBD yang dilokasikan untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana, disitukan memang sudah ada anggarannya untuk masalah seperti ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini awak media Konfirmasi dan meminta tanggapan kepada anggota yayasan TPB, Zaenal Abidin bersam dua rekannya yang jauh-jauh datang dari jakarta, dengan tujuan untuk melihat dan memberi bantuan kepada warga kapuran, yang terkena musibah bencan alam, banjir Rob waktu lalu.

“Sebelumnya kami mendapat informasi dari sosial media terlihat masyarakat tanggamus lampung terkena musibah banjir rob, dari situ kami sangat merasa simpati dan merasa terpanggil dan ikut berpartisipasi dalam musibah yang di alami sodara kami disini dengan memberikan bantuan kepada mereka walaupun nilainya terlihat kecil, dengan ini kami berharap kepada pemkab tanggamus agar ikut ambil peran atau tindakan dalam musibah yang diderita dan yang merek harapkan, agar bisa dipertimbangkan oleh pemerintah Kabupaten Tanggamus.” pungkasnya kepada awak media Haluan Indonesia. (Fahmi Y.)

Pos terkait