Waspadai Tahun Ini Kasus DBD Diprediksi Meningkat

LAMPUNG BARAT – Masyarakat Lampung Barat harus waspada, mengingat penyakit demam berdarah dengue (DBD) tahun ini diprediksi meningkat. Hal itu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar, karena tahun ini merupakan siklus lima tahunan.

“Hingga saat ini sedikitnya sudah terdapat delapan kasus DBD yang ditangani, Sesuai dengan urutan dan prediksi kami, tahun ini kasus DBD bisa meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Lambar, Ira Permata Sari, seperti dilansir Saibumi.com, Selasa (14/1/2020).

Dijelaskan, kasus DBD pada tahun sebelumnya atau pada 2019 jumlahnya mencapai 95 kasus, dengan satu orang meninggal dunia.

“Tapi ada pemberatannya, yakni pneumonia atau infeksi saluran pernapasan. Pasien tidak hanya terkena DBD, karena kasus kematian yang disebabkan DBD biasanya terjadi jika terlambat ditangani,” jelas Ira.

Baca Juga :  Sektor Ekonomi Terdampak Covid-19 Mulai Bangkit Menyerap Kredit

Terkait akan meningkatnya penderita DBD di tahun ini, pihak Dinkes Lampung Barat sudah membuatkan surat edaran antisipasi DBD, yang ditujukan untuk Puskesmas dan kecamatan yang tersebar di sejumlah daerah.

“Suratnya sudah kita buat, Jumat pekan ini akan kita distribusikan. Isi suratnya yakni mengarahkan masyarakat untuk melakukan kegiatan pemeriksaan jentik di lingkungan rumah masing-msing, melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dan lainnya, termasuk imbauan agar segera melapor jika menemukan kasus DBD,” terang Ira.

Surat edaran ini diharapkan agar diteruskan hingga ke tingkat pekon maupun ke sekolah-sekolah, karena curah hujan saat ini cukup tinggi.

“Masyarakat harus selektif. Kita juga menggalakkan gerakan satu rumah satu jumantik, karena memang segala sesuatunya berawal dari rumah,” kata Ira. (*)

Baca Juga :  Wagub Chusnunia Ajak Para Peternak Bersinergi dalam Pembangunan Lampung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.