Warga Miskin di Way Kanan Bertambah

  • Whatsapp

WAYKANAN- Suatu gebrakan yang baik untuk mengetahui jumlah warga Way Kanan yang termasuk kategori kurang mampu oleh pemerintah melalui Dinas Sosial dengan mengadakan validasi data sehingga didapat jumlah warga kurang mampu yang yang akurat bersumber dari APBD 2019.

Dari hasil validasi data yang sedang dilakukan, terjadi peningkatan jumlah penduduk kabupaten Way Kanan yang kurang mampu dari 34.792 keluarga miskin yang ada, setelah dilakukan validasi data saat ini sudah masuk 54.211 Keluarga miskin sampai awal November dan akan meningkatkan lagi, karena masih ada 40 kampung yang belum input data.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan, Pardi, membenarkan masih ada 40 Kampung yang belum meng-input data warga miskin dari 227 Kampung se Way Kanan.

Baca Juga :  Korem 043/Gatam Terima Dukungan LCD Proyektor dari Disinfohlatad

“Desember ini batas akhir penyerahan data orang miskin di Kabupaten Way Kanan yang akan diserahkan kepada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) RI,” jelasnya.

Pardi melanjutkan, data yang di input ini akan diserahkan Pada Bulan Januari 2020 untuk di tetapkan dari Kemensos jumlah angka orang miskin yang ada di Kabupaten/Kota se-Indonesia. Ia berharap kuota Way Kanan akan meningkat setelah adanya validasi baru sejak tahun 2012.

Sementara itu Kasie Penyuluh Data dan Input Data Dinas Sosial, Triyono AMD menambahkan, validasi warga miskin telah disosialisasikan sejak Februari 2019 dilanjutkan dengan pelatihan operator dan TKSK serta pelatihan petugas pemdata/operator yang ditunjuk kepala kampung.

Baca Juga :  Ombudsman Lampung Soroti Pelayanan Vaksin C-19 dan Manajemen Limbah B3 di 3 Kabupaten

“Selain itu kebijakan pula petugas tiap Kampung ditambahkan 10 % blangko kosong dari jumlah penduduk yang didata. Penutupan validasi data warga miskin akan berakhir Desember yang akan diserahkan langsung,” ucap Triyono.

Diharapkan tambahan masyarakat miskin yang telah masuk di input data dalam program validasi warga kurang mampu oleh Dinas Sosial Way Kanan yang mencapai jumlah lebih dari 20 ribu jumlah penduduk miskin akan mendapatkan bantuan susulan dari pemerintah melalui Kemensos. (yon)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.