Warga Kalurahan Melikan Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Rongkop

  • Whatsapp
Warga Kalurahan Melikan Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Rongkop. Mungkas

Gunungkidul – Warga kalurahan Melikan kapanewon Rongkop mulai hari senin 11 juli 2021 hingga hari ini melaksanakan vaksinasi jenis astrazeneca untuk pencegahan covid 19 di puskesmas Rongkop.

Menurut keterangan Lurah Melikan Agus Sumarno memberikan penjelasan bahwa kegiatan vaksinasi ini di ikuti oleh warga kalurahan Melikan dari usia 18 tahun hingga lanjut usia. “Sebelumnya vaksinasi sudah pernah dilakukan khusus lanjut usia yang sudah mencapai target hampir 90 persen dari jumlah lansia yang ada di kalurahan Melikan. Jumlah lansia yang ada di kalurahan Melikan 594 orang. Selanjutnya untuk vaksinasi tahap ini jumlah warga yang mengikutinya masih dalam rekapitulasi oleh pihak puskesmas karena vaksinasi yang berada di puskesmas Rongkop melayani semua warga kapanewon Rongkop,” Ujar Agus Sumarno.

Baca Juga :  Muskerda Janaloka dan Pembinaan Organisasi

Ketika awak media berkunjung di tempat vaksinasi di temui Wakiyo, SIP kabag TU Puskesmas Rongkop menjelaskan teknis vaksinasi warga kapanewon Rongkop yang berawal dari peserta vaksinasi datang dengan membawa identitas diri di tunjungkan petugas kemudian di cek suhu badannya dicatat ke dalam form skrining selanjutnya peserta menuju ke tempat skrining dan diberikan beberapa pertanyaan yang ada di dalam form skrining dan juga pengukuran tensi atau tekanan darah. setelah melalui tahapan skrining kemudian peserta membawa hasil skraning ke tempat vaksinasi untuk dilakukan vaksinasi yang menggunakan obat vaksin astrazeneca.

Setelah divaksinasi kemudian dilanjutkan ke bagian pencatatan kartu vaksin dan diberi obat Paracetamol apabila peserta merasakan panas atau suhu badan naik di atas normal setelah vaksin dianjurkan untuk meminum obat tersebut. Kemudian peserta dimohon untuk menunggu selama 30 menit di ruangan yang sudah disiapkan jika tidak ada keluhan maka peserta diperbolehkan pulang tutup Wakiyo, SIP kepada wartawan setelah menjelaskan proses vaksinasi. (Mungkas)

Baca Juga :  Janaloka Beri Masukan ke Pansus V DPRD Gunungkidul

Pos terkait