Warga Gedong Sawahan Sampaikan Aspirasi ke Pemerintah Kalurahn Sawahan

Gunungkidul –  54 orang warga padukuhan Gedong datang ke Balai kalurahan Sawahan kapanewon Ponjong untuk beraudiensi menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah kalurahan Sawahan pada Senin 12 September 2021, pukul 09.30 WIB. Warga padukuhan Gedong yang berjumlah 54 orang di terima pemerintah kalurahan di joglo balai Kalurahan Sawahan. Dalam audensi tersebut kemudian ditanggapi oleh Lurah dan jajaran Forkompimkap yang sengaja diundang sebagai mediator.

Adapun aspirasi warga padukuhan Gedong terkait dengan kepemimpinan dukuh Gedong antara lain meminta kejelasan Pemerintah Kalurahan karena selama 9 bulan belum ada titik terang permasalahan dukuh. Warga merasa tidak nyaman karena tidak diayomi. Karangtaruna merasa tidak pernah diperhatikan semua kegiatan hanya inisiatif Karang taruna contoh pada rangkaian kegiatan peringatan 17 Agustus. Warga menuntut dukuh harus mundur. Semua pembangunan jika lewat dukuh tidak akan dilaksanakan.Tidak semua warga dihadirkan di Musyawarah Padukuhan.

Baca Juga :  Polda DIY Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67

Setelah itu terjadi musyawarah antara pemerintah kalurahan Sawahan dengan 54 warga padukuhan Gedong disaksikan oleh forkompimkap. Hasil dari musyawarah dalam audiensi dituangkan ke dalam berita Acara Musyawarah Audiensi Warga Masyarakat, disepakati beberapa keputusan sebagai berikut
Pemerintah Desa/Kalurahan siap melaksanakan pembinaan kepada Dukuh Gedong, setiap kegiatan kalurahan yang masuk di Padukuhan Gedong tidak melibatkan Dukuh Gedong untuk sementara sampai dengan proses selesai.

Setelah acara usai, Suwarto selaku Lurah Sawahan menyampaikan kepada awak media bahwa permasalahan tidak singkron antara warga dengan dukuh terkait dengan sosial kemasyarakatan yang mengakibatkan ketidak kompakan berdampak pada jalannya pembangunan pemerintah kalurahan.

Selanjutnya Handoyo selaku kepala jawatan projo kapanewon Ponjong mewakili penewu Ponjong menjembatani mediasi antara warga dengan pemerintah kelurahan terjadi gejolak tentang kepemimpinan tidak diharapkan di padukuhan Gedong.

Baca Juga :  Bupati Gunungkidul Buka Rapat Umum Anggota AB2TI

Dari sisi administrasi tidak ada pelanggaran disiplin maupun penyalahgunaan jabatan dan wewenang. Perlu adanya pembinaan terhadap dukuh wilayah Gedong terkait dengan kepemimpinan di masyarakat terutama masalah prilaku yang tidak disukai masyarakat.

“Kalau mau memperhentikannya tidak ada dasarnya,” tegasnya. (Mungkas M)

Pos terkait