Wali Kota Yogyakarta Akan Bangun Kampung Tapanuli di Yogya

Wali Kota Yogyakarta Akan Bangun Kampung Tapanuli di Yogya

Pangururan –  Setelah mengunjungi Danau Toba dan singgah ke Kabupaten Samosir, dalam kunjungan kerja Wali Kota Yogyakarta, Drs H Haryadi Suyuti, akan membangun Kampung Tapanuli di Yogyakarta. Hal itu mendapat sambutan dan apresiasi yang tinggi dari masyarakat Samosir dan Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM didampingi Plh. Sekdakab Samosir Hotraja Sitanggang, ST, MM pada, (23/3/2022) di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (23/3/2022).

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan kerja di Kabupaten Samosir dalam rangka study banding pariwisata Samosir.

Disampaikan bahwa Kabupaten Samosir termasuk dalam wilayah Toba Caldera Unesco Global Geopark dimana dari 16 Geosite di Kaldera Toba, 5 geosite berada di Kabupaten Samosir. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Samosir sedang berbenah dalam pembangunan kepariwisataan yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan dana APBD Kabupaten Samosir. Bantuan dana dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, sebagai wujud Kabupaten Samosir kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DSPS) Danau Toba dan Caldera Unesco Global Geopark.

Baca Juga :  Warga Dari Beberapa Nagori Seruduk Dinas Pertanian Dan Dinas Sosia Simalungun

“Kami berharap kunjungan ini menjadi sebuah promosi yang baik untuk masyarakat Yogyakarta bahkan pulau jawa, agar di kemudian hari menjadi langkah untuk mengikuti kunjungan wisata di Kabupaten Samosir,” harap Wabup.

Dalam kunjungan kerjanya Walikota Yogyakarta memaparkan secara singkat profil Kota Yogyakarta dengan tagline “Bring Yogya to the world, Bring world to Yogya” dan pariwisata yang ada di kota Yogya.

Dalam hal ini Wali Kota Haryadi menyampaikan akan membentuk satu kampung Kampung Tapanuli, yaitu sebuah tempat di daerah Yogyakarta yang akan menampilkan mengenai Budaya Tapanuli dan menjual souvenir daerah Tapanuli serta menjadi tempat promosi Tapanuli.

“Kiranya Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan dukungan untuk kesuksesan daerah Tapanuli itu. Pembangunan kampung Tapanuli akan selesai diakhir lebaran tahun ini,” sebutnya.

Baca Juga :  Polres Simalungun Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Harkitnas

Selanjutnya Wali Kota juga memberikan saran terkait dengan tagline “Samosir Negeri Indah Kepingan Surga”, untuk ditambahkan dengan kata “Kalau Mau ke Surga Datang lah Ke Kabupaten Samosir”. Hal ini merupakan salah satu cara dalam pengembangan pariwisata yang penuh dengan cerita sebagai daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung.

Kiranya Pariwisata Kabupaten Samosir dapat berkembang dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat Samosir. Diakhir acara Wabup Samosir memberikan Cinderamata dan oleh-oleh khas samosir dan Wabup Samosir menerima Cinderamata berupa plakat Kota Yogyakarta. (FP)

Pos terkait