Wakili Bupati Pesibar, Audi Marpi Buka Acara FGD Tahun 2021

  • Whatsapp

Pesisir Barat – Mewakili Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat hadiri dan membuka secara resmi acara Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Pesisir Barat dalam Angka Tahun 2021 di OR. Bupati, pada Kamis (28/1/2021).

Hadir dalam acara tersebut, seluruh perwakilan dari OPD se-Kabupate Pesisir Barat melalui Zoom Meeting.

Narasumber dalam acara tersebut Kepala BPS Lambar, Amirudin, S.Si, MM. dan Kepala Bappeda Pesisir Barat.

Dalam Sambutannya, Audi Marpi mengatakan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019.

Satu data Indonesia yang merupakan kebijakan tata kelola data Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi serta dipakai antar instansi Pusat dan Daerah, jelas Audi.

Baca Juga :  Sekdaprov Fahrizal Apresiasi UKW sebagai Wahana Mewujudkan Wartawan Kompeten dan Profesional

Terlebih lagi di masa pandemi ini, kebijakan dan strategi yang dibuat Pemerintah Daerah haruslah tepat dengan segala keterbatasan yang kita hadapi, maka dari itu dibutuhkan data yang akurat baik primer maupun sekunder, tegas Audi.

Kegiatan FGD ini sangat penting karena dalam melakukan penyusunan Pesisir Barat dalam angka 2021, nantinya akan dijadikan rujukan dalam perencanaan dan evaluasi, tambahnya.

Pada tahun ini rilis publikasi Pesisir Barat dalam angka 2021 akan dipercepat, yaitu menjadi pertengahan bulan Februari, demi memenuhi kebutuhan daerah mengenai rujukan data yang akan digunakan pada kegiatan Musrenbang, ujarnya.

Pelaksanaan FGD ini sangat membutuhkan keterlibatan kita, Karena BPS Lampung Barat merupakan Lembaga independen yang bertugas membina kegiatan statistic di daerah. Salah satunya pembuatan publikasi Pesisir Barat dalam angka yang isinya merupakan Data-Data Primer yang dihasilkan dari survei/ sensus yang dilaksanakan BPS dan Data-data sekunder yang bersumber dari Dinas/ Instansi di Daerah, tegas Audi.

Baca Juga :  Dinsos Pringsewu Sosialisasi Program Sembako dan Kobe E-Warong

Publikasi Pesisir Barat Dalam angka bukan hanya milik BPS melainkan milik kita semua, tambahnya.

Saya instruksikan kepada seluruh kepala OPD untuk membantu BPS. Dalam hal ini dengan menyediakan data-data apa saja yang dibutuhkan. Hal tersebut untuk penyusunan dan memberikan masukan kepada BPS, khususnya terkait dengan data-data yang harus dimasukkan dalam publikasi Pesisir Barat Dalam Angka 2021, tutupnya. (Red)

Facebook Comments