Wakil Ketua DPRD Kukar Reses di Ponpes Alfarisyah Hasyim

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Kukar Reses di Ponpes Alfarisyah Hasyim

KUTAI KARTANEGARA – Memasuki masa Reses akhir tahun 2021 Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara, Siswo Cahyono, SE menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Alfarisyah Hasyim di Desa Rapak Lambur Tenggarong. Kehadiran Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kukar itu disambut oleh Pimpinan Ponpes Ustadz Reza Faturahman, Ketua Yayasan Yuda Kurniawan, Pembina Yayasan Hj. Farida Ariani, Ketua Padepokan Pencak Silat Satria Muda Alfarisyah Hasyim Ustadz Sugeng, serta beberapa tokoh masyarakat. Dalam Sambutannya Siswo Cahyono mempertegas kembali bahwa PKB lahir dari para tokoh kaum Nahdatul Ulama serta fraksi PKB di DPR RI pusat adalah pioner menginisiasi terbentuknya Undang Undang Pondok Pesantren yaitu UU Nomor 18 tahun 2019 sebagai pedoman keberlangsungan pondok pesantren di seluruh Indonesia. Untuk itu sudah seharusnya PKB di daerah juga bersinergi memajukan dunia pendidikan melalui pondok pesantren yang berada di daerahnya masing masing. Siswo Cahyono yang baru baru ini bertemu dengan KH. Said Agil Ketua Umum PBNU dan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Halim Iskandar juga memberikan motivasi kepada para santri untuk semangat dalam menuntut ilmu di pesantren.

“Kami berharap para santri disini tetap semangat menuntut ilmunya hingga tercapai cita cita nya, tadi ada saya dengar ingin ke Yaman, Kairo, Arab Saudi serta bertitel kan LC. Maka dari itu nyantri nya harus lebih semangat lagi dan lebih giat lagi,” terang Siswo yang sempat menjadi Anggota DPRD termuda se Kalimantan dan telah menjadi anggota DPRD Kukar selama tiga priode sampai saat ini.

Siswo Cahyono juga menyebutkan tidak sedikit para tokoh besar di negeri ini dari latar belakang santri Pondok pesantren, sebut saja Gusdur panggilan akrab KH.Abdurahman Wahid Presiden Republik Indonesia ke 4 dan wakil presiden kita saat ini KH. Maruf Amin, serta beberapa menteri kabinet Gotong Royong saat ini berlatar belakang dari santri.

“Berbahagialah adik adik yang bisa menyantri disini apalagi SPP nya Gratis, uang makan gratis semua dari yayasan. Maka tinggal belajar dan beribadah saja lagi jadi bisa lebih fokus belajarnya,” terang Siswo yang juga Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kukar ini.

Dalam kesempatan itupula dari pihak yayasan juga menyampaikan bahwa berencana akan membangun Asrama Putri dan lapangan bulu tangkis untuk melengkapi sarana ponpes.

“Santri kami disiniada sekitar 120 orang dan rata rata dari siswa kurang mampu yang jauh dari desa Rapak Lambur ini bahkan ada anak yatim piatu. Jadi uluran tangan para donatur lah kami harapkan untuk membantu keberlangsungan pembangunan pesantren ini,” terang Farida Ariani dalam sambutannya. (Var)

Pos terkait