Wabup Pringsewu Apresiasi Agrowisata Kebun Buah Melon Pekon Mulyorejo

  • Whatsapp

Pringsewu – Agrowisata merupakan aktivitas wisata yang melibatkan lahan pertanian, perkebunan dan peternakan atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik wisatawan.

Di Kabupaten Pringsewu Agrowisata yang berbasis perkebunan sudah banyak di kembangkan, salah satunya Agrowisata Kebun Buah Melon yang berada di Dusun 3 RT 4 Pekon Mulyorejo, Kecamatan Banyumas Kabupaten pringsewu.

Agrowisata kebun buah melon yang ditanam sejak Januari lalu ini, ditanam di atas lahan seluas 6000 m², lahan tersebut merupakan lapangan milik Pekon setempat yang sudah tidak terpakai kembali.

“Kami memulai menanam melon ini dari bulan Januari kemarin, dikebun melon ini terdapat 6 jenis buah melon yang kami tanam, namun di golongkan menjadi 3 jenis yakni Goldes Melon, Rock Melon dan Sky Melon,” Ungkapan pengelola Agrowisata Melon Ageng Dodi Prasetyo dan Duki Kurniawan, Kamis (08/04/21).

Baca Juga :  Polsuska Tanjungkarang Gagalkan Pencurian Rel R54 di Stasiun Negara Ratu

Selanjutnya, di agrowisata ini pengunjung yang datang bisa membeli dan memetik langsung buah melon yang di inginkan dengan harga di bawah pasaran.

“Sementara ini pengunjung yang datang di kenai tarif tiket masuk sebesar Rp. 5000,- itu sudah termasuk parkir, apabila pengunjung yang datang ingin membeli dan memetik langsung akan kami berikan harga di bawah harga pasaran,” Jelasnya.

Sementara itu, Solikin Kepala Pekon Mulyorejo berharap dengan adanya agrowisata melon ini bisa menumbhukan ekonomi baru masyarakat.

“Dengan adanya wisata ini masyarakat bisa berdagang untuk menambah penghasilan dan bisa menyerap tenaga kerja dari warga pekon ini.” Kata Solikin.

Solikin mengungkapkan, agrowisata melon ini milik Bumdes Enggal Jaya dengan Sub masing-masing. Selain agrowisata ini Bumdes Enggal Jaya memilik bidang usaha pengisian air mineral, simpan pinjam dan penyedia alat pertanian.

Baca Juga :  Danrem 043/Gatam Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam

“Untuk agrowisata melon ini ntinya akan di kelola oleh pemuda-pemuda karang taruna yang tergabung dalam Pokdarwis. Kedepannya untuk menarik minat wisata kami akan menginovasi agrowisata melon ini menjadi wisata edukasi.” Jelasnya.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, sangat mengapresiasi Pekon Mulyorejo karena membangun wisata berbasis pertanian dan perkebunan dengan memanfaatkan lahan tidak terpakai, dan menggunakan sumber Dana Desa guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami sangan menyambut baik terhadap upaya pemerintah Pekon Mulyorejo dimana ini akan menambah salah destinasi wisata di Kabupaten Pringsewu,” Kata Fauzi usai meresmikan Agrowisata Melon di Pekon Mulyorejo.

Kedepannya, Fauzi berharap masyarakat bisa mengambil momen manfaat dari agrowisata ini. Dengan menampilkan potensi-potensi atau hasil pertanian dan peternakan.

Baca Juga :  Turunkan Timsus, AWPI Bakal Ungkap Draf Anggaran Rp. 30 M KONI Lampung

“Contohnya seperti menjual hasil pertanian lainnya dan peternakan di pinggir jalan, karna nanti yang akan datang kesini dari berbagai daerah tidak hanya masyarakat setempat. Selain memetik buah melon pengunjung yang datang bisa berwisata foto buah melon, itu yang sangat bernilai bagi pengunjung yang akan berkunjung,” Ungkapnya. (Ndi)

Pos terkait