Wabup Pesibar Ikuti Peringatan HAN Tahun 2021 Secara Daring

  • Whatsapp
Wabup Pesibar Bersama Kadis PPPA Hadiri Acara Peringati Hari Anak Nasional Di Ruang Wakil Bupati, Pada Jum'at 23 Juli 2021.. Ist

Pesisir Barat – Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H., mengikuti acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2021 Melalui Zoom Meeting di ruang Wakil Bupati SetdaKab, pada Jum’at 23 Juli 2021.
Turut mendampingi Wakil Bupati Pesisir Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPPA) Pesisir Barat, Nurkemala, S.Pd, MM., Plt. Kadis Kominfo Drs. Miswandi Hasan, M.Si. dan Kabid Perlindungan Anak Dinas PPPA Nola Anita, S.Pd., MM.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini dirayakan dengan cara yang berbeda, yaitu dari rumah masing-masing karena pandemi COVID-19 yang bisa berimplikasi pada masyarakat terutama anak, kata Wakil Bupati.

Terdapat berbagai persoalan seperti masalah pengasuhan bagi anak yang orang tuanya positif COVID-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta meningkatnya kasus kekerasan selama pandemi sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah, kata Wabup.

Baca Juga :  Eva Dwiana Tinjau PTM Hari Pertama

Dalam Zoom Meeting tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan bahwa Berdasarkan tantangan tersebut, maka tema HAN tahun 2021 adalah ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ dengan tag line ‘Anak Peduli di Masa Pandemi’.

Hal ini juga sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN tahun ini secara virtual, tanpa mengurangi makna HAN,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, melalui panduan HAN 2021.

Diharapkan peringatan HAN yang dikemas secara online dapat menjangkau lebih banyak anak dari 34 provinsi di Indonesia termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK).

Menteri juga mengatakan bahwa peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Baca Juga :  Danpussenif Kodiklat TNI AD Kunjungi Kompi Ban Yonif 143/ TWEJ

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Barat, Nurkemala, S.Pd, MM. melalui pesan ponselnya mengatakan bahwa puncak peringatan HAN 2021 diharapkan menjadi momentum untuk menunjukkan anak-anak Indonesia yang tetap berprestasi, gembira, kreatif, dan inovatif meskipun berada di rumah selama pandemi COVID-19.

“Presiden Republik Indonesia Jokowi memberikan apresiasi dan pesan kepada anak-anak Indonesia di Hari Anak Nasional agar tetap bersemangat belajar dan bermain di rumah,” jelas Nurkemala.

“Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli pada tahun 2021 ini, dengan peringatan Hari Anak Nasional yang masih berlangsung selama dalam kondisi pandemi,” tambah Nurkemala.

“Presiden Joko Widodo juga dalam meminta anak-anak Indonesia tetap semangat belajar di rumah selama pandemi ini. Kebijakan belajar jarak jauh ini dilakukan untuk melindungi anak terpapar dari Virus Covid-19,” jelas Nurkemala. (*)

Facebook Comments