Upaya Pencegahan Pelanggaran Bawaslu Surati Pejabat Daerah

  • Whatsapp

PESISIR BARAT – Dalam rangka Optimalisasi Pencegahan Pelanggaran Selama Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Kabupaten Pesisir Barat. Bawaslu Pesisir Barat Surati Bupati, Wakil Bupati dan Sekretariat Daerah.

Surat yang tertanggal pada Rabu 02 September 2020 tersebut, berupa bentuk Surat Himbauan agar tidak menggunakan wewenang, program dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon. Kamis(03/09/2020)

Hal tersebut juga dilakukan diantaranya dalam rangka tetap menjaga Netralitas dan Integritas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020.

“Pengawasan terhadap politisasi Bansos Covid-19 terus dilakukan untuk memastikan tidak ada suatu kelompok atau bakal calon bupati dan wakil bupati, baik petahana maupun bukan yang menyalahgunakan untuk kepentingan politik tertentu,” kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Heri Kiswanto, S.Sos.I.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Hadiri Grand Final Pemilihan Muli - Mekhanai Lampung 2020

HK sapa akrab Kordiv Pengawasan itu juga menjelaskan, Surat tersebut sebagai bentuk pencegahan, kita berharap pihak pihak yang telah dilarang dalam Undangan Undang untuk tidak terlibat politik praktis, sebab itu akan mencederai kualitas Pilkada Tahun 2020 di Pesisir Barat ini, urainya.

“Inti Himbauan tersebut adalah agar Bupati dan Wakil Bupati Serta Sekretariat Daerah tidak menggunakan wewenang, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, dalam tahapan penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih,” ungkap HK.

HK juga menjabarkan bahwa, himbauan ini didasarkan pada beberapa aturan perundang-undangan. Salah satunya pada Undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota sebagaimana diubah terakhir kali dengan Undang-Undang nomor 6 tahun 2020 tentang peraturan pemerintah pengganti Undang-undang nomor 2 Tahun 2020 tentang perubahan Ketiga, Pasal 71, Pasal 188 dan Pasal 190 tersebut.

Baca Juga :  Linda Buka Pelatihan Kerajinan Tangan

Kita semua berharap, semoga prosesi pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat 9 Desember nanti bisa berjalan dengan Aman, Damai, Kondusif, tidak ada yang di rugikan, baik dari pihak penyelenggara maupun peserta. Ungkapnya berharap. (Red)

Facebook Comments