Turunkan Timsus, AWPI Bakal Ungkap Draf Anggaran Rp. 30 M KONI Lampung

  • Whatsapp
Bandar Lampung – Dukung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung dalam upaya penyidikan dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Lampung. DPD AWPI Lampung siapkan Tim Khusus (Timsus) Investigasi dan Media guna mengawal proses hukum yang berjalan melalui pemberitaan.
Diketahui sebelumnya bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lampung telah mengucurkan Dana Hibah kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung senilai Rp. 30 Miliar.
“Kabarnya Dana hibah tersebut diperuntukkan persiapan PON di Papua yang melibatkan 26 Cabang Olahraga. Itu kabarnya, tapi belum tau pasti untuk apa aja anggaran sebesar itu, jadi kita juga akan mengkonfirmasi kepada DPRD Lampung melalui Komisi V sebagai mitra kerja yang diantaranya KONI, kita akan tanyakan perihal draf secara spesifik peruntukan dana hibah tersebut ,” kata Ketua DPD AWPI Lampung Bung Refky, Selasa (23/11)
Melalui draf tersebut, lanjut Bung Refky, jelas sangat dibutuhkan oleh Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hal ini Kejati dalam melakukan upaya proses penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut.
Bung Refky juga menyatakan dukungan penuh kepada Kejati Lampung dalam mengungkap dugaan Korupsi Dana Hibah ini. “Bukan hanya lisan, bentuk dukungan itu akan saya tunjukkan dengan adanya Tim Investigasi dan media AWPI yang sudah saya siapkan untuk turun menggali dan mendalami serta mengawal persoalan ini hingga selesai, supaya publik tahu seperti apa dan telah sejauh mana proses hukum berjalan,” jelasnya.
Kemudian, lanjutnya, upaya Kejati memanggil 30 orang untuk dimintai keterangan oleh Kejati perlu di apresiasi. “Artinya Kejati masih terus melakukan upaya-upaya penegakan hukum. Dan menurut kami Mau 50 orang atau 100 orang juga itu bukan masalah, kalau diperlukan Kejati bisa saja lakukan itu, dan itu bisa saja terjadi kedepannya, karena menurut kami masih ada orang-orang yang dianggap perlu untuk dihadirkan oleh Kejati, untuk mengungkap dugaan korupsi ini,” papar Mantan Aktivis Mahasiswa itu.
Kedepannya, kata Bung Refky, AWPI siap bersinergi dengan APH dilampung dalam mengungkap persoalan ini hingga kepusat. Dan besar kemungkinan dalam waktu dekat saya akan audiensi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung.
“Saya sudah buatkan surat untuk Timsus dan tembusan ke DPP AWPI, agar DPP tahu bahwa DPD AWPI Lampung sedang melakukan pengawalan dugaan korupsi Dana Hibah KONI Lampung ini. Tidak menutup kemungkinan kita perlu bantuan DPP untuk menjembatani DPD nantinya ke APH Pusat, baik BPK dan KPK RI,” pungkasnya. (Rls/Tim AWPI)
Baca Juga :  PM-KUTA Gelar Aksi Damai di Halaman Kejati Lampung

Pos terkait