TP PKK Metro Launching “Wakuncar”

  • Whatsapp
TP PKK Metro Launching "Wakuncar"

Metro — Pemerintah Kota Metro melalui TP PKK Kota Metro menggelar kegiatan Launching Waktu Kunjung Cari Data dan Informasi (Wakuncar). Kegiatan berlangsung di Aula Kelurahan Rejomulyo Metro Selatan, Selasa (09/11/2021).

Turut hadir Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, Sekda Kota Metro, Ketua TP PKK Kota Metro, Ketua GOW Kota Metro, Ketua Karang Taruna Kota Metro, OPD terkait, Camat Metro Selatan, serta para tamu undangan lainnya. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Walikota Metro.

Saat diwawancarai oleh awak media, Wahdi Siradjuddin selaku Walikota Metro menyampaikan, kegiatan ini tergerak dari pandemi, pandemi ini ada makna tersendiri dan sebelumnya kita sudah bentuk Kelurahan Tangguh Nusantara (KTN). Maka, disini juga kita harus membuat program berbasis data, yang dimana dalam hal ini kita bentuk dengan suatu program yaitu Waktu Kunjung Cari Data dan Informasi (Wakuncar).

Baca Juga :  Wakil Wali Kota Metro Kukuhkan Pengurus P3A Metro Periode 2021-2025

“Awalnya kita cuma mencari informasi data siapa saja yang terdampak Covid. Dan akhrinya kita membentuk early warning, dimana disetiap RT mempunyai tanggung jawab basis kekuatan pada pandemi,” ujar Wahdi

Selain itu juga, Wahdi menyampaikan, dimasa pandemi ada dampaknya yaitu berupa dampak ekonomi, mulai dari situ kita akan melihat perkembangannya bagus atau tidak dari beberapa pasar yang digalang oleh masyarakat.

Wahdi berharap, pada tahun 2022 data-data kita sudah selesai semua, sehingga kita dapat memberikan dasar yang kokoh untuk keberlanjutan pembangunan kita. Karena disini, kita berfikir membangun itu harus tentang lingkungan.

Ditempat yang sama, Silfia Naharani Wahdi selaku Ketua TP PKK Kota Metro menyampaikan, kegiatan hari ini adalah launching Waktu kunjung Cari Data dan Informasi (Wakuncar), dan launching Arisan Sedot Tinja (Arseti).

Baca Juga :  DPRD Metro Gelar Paripurna Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Metro 2021-2024

“Yang mana, kegiatan ini adalah merupakan inisiasi dari TP PKK Kota Metro yang berkolaborasi dan di fasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kota Metro, dibantu oleh Disnaker Metro, Karang Taruna Metro, dan pelaksananya adalah Dasawisma di Kelurahan Rejomulyo,” ujar Silfia.

Silfia juga menyampaikan, PKK adalah mitra pemerintah, tentunya disini, PKK harus mensukseskan program pemerintah. Dimana di era covid kemarin, kita membantu terkait data, akan tetapi untuk kedepannya nanti kita akan membantu data berbasis dari Dasawisma.

“Untuk data nya tersebut yaitu data UP2K, UMKM, data kesehatan, data kemiskinan, data STBM, dan data stanting. Yang mana disini kita akan berkoordinasi dengan OPD terkait,” ujar Silfia

Baca Juga :  Satpol PP Metro Gelar Sertijab Pejabat Administrator dan Pengawas

Silfia berharap, kedepannya Wakuncar bisa menjadi informasi kelurahan, dan di kelurahan mempunyai data yang betul- betul real. (Rls/Dh)

Pos terkait