Test Swab Keluarga dan Rekan Kerja Kasus 01 Negatif Corona

  • Whatsapp

Tanggamus – Alhamdulillah, hasil Tes Swab Keluarga Kasus 01 Tanggamus dan Karyawan Pelabuhan Kota Agung, Negatif Covid 19.

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, melalui Konferensi Pers di Sekretariat Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus, Rabu (27/5/20).

Turut mendampingi Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i, Forkopimda, para Asisten, serta sejumlah Kepala OPD Pemkab Tanggamus.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan hasil Rapid Tes terhadap orang yang kontak erat dengan kasus 01, dengan hasil Non Reaktif atau Negatif. Demikian juga dengan hasil Swab Tes yang dilakukan terhadap karyawan PT. Pelindo Pelabuhan Kota Agung , yang juga hasilnya negatif.

Baca Juga :  Geram Alumni PMII Lampung Kecam Sikap Anggota DPRD Lampung

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung Nomor 800/58/V/POS.027/V/2020 tanggal 26 Mei 2020 dinyatakan bahwa Sampel Swab yang dikirim dari Kabupaten Tanggamus dengan rincian, dari Kecamatan Pulau Panggung sebanyak 13 sampel dan dari Kota Agung 1 Sampel. Dan seluruhnya dinyatakan Negatif,” ungkap Bupati.

Bupati juga menjelaskan kronologis tindak lanjut atas kasus 01 dan karyawan PT. Pelindo Pelabuhan Kota Agung.
1. Terhadap kontak yang berhubungan dengan kasus 01, dilakukan rapid test sebanyak 25 orang dan semua hasilnya Non Reaktif / Negatif.
2.Terhadap kontak erat yang mengurus jenazah dan juga kontak erat lainnya dilakukan pemeriksaan Swab dengan metode PCR pada tanggal 22-23 Mei 2020 dan langsung dikirimkan ke Balai Laboratorium Provinsi Lampung pada tanggal 23 Mei 2020.
3. Pada tanggal 22-23 Mei 2020, Tim Gugus Tugas mengambil sampel Swab terhadap karyawan PT. Pelindo Pelabuhan Kapal Teluk Semaka Kota Agung, dan pada tanggal 23 Mei 2020 dikirim ke Balai Laboratorium Provinsi Lampung.

Baca Juga :  HMI dan PMII Kota Metro Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law

Lebih lanjut Bupati meminta masyarakat agar tetap tenang dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun dan sering cuci tangan pakai sabun. Lalu jika mengalami gejala Covid 19, seperti batuk dan sesak nafas, agar menghubungi aparat Pekon atau Gugus Tugas ditingkat Pekon.

Kemudian beliau juga menghimbau agar masyarakat memberikan support dan dukungan terhadap keluarga orang yang terkonfirmasi atau terindikasi Covid-19.

“Jangan mengucilkan atau menghindari mereka secara berlebihan. Selain itu saya minta jajaran Gugus Tugas Covid ditingkat Pekon atau Kecamatan agar memfasilitasi keperluan keluarga mereka,” pungkas Bupati. (Riky)

Facebook Comments