Surastina Guru Besar Pertama STKIP PGRI Bandarlampung

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG – Surastina resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bandar Lampung, di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Lampung, Kamis (22/8).

Pengukuhan tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RI) Nomor 13410/M/KP/2019 Tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen yang terhitung mulai tanggal 25 April 2019 lalu.

Diketahui, Surastina merupakan profesor pertama di STKIP PGRI Bandar Lampung, sekaligus guru besar pertama pada bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia.

Pada acara pengukuhan tersebut, sebagai pertanggungjawaban ilmiah, Surastina membawakan orasi dengan judul Prinsip-Prinsip Pragmatik dalam Wacana Kesantunan, Kerjasama dan Media Sosial. Dia menjelaskan sedikit mengenai ilmu pragmatik adalah cabang ilmu bahasa yang mempelajari bahasa secara external.

Baca Juga :  Bupati Tubaba Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Jami'

“Pragmatik adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur bahasa yang dikaitkan dengan konteks, yakni; penutur, petutur, situasi, waktu, tempat, isi pembicaraan,” ungkap Surastina dalam orasi ilmiah yang dibawakannya.

Senada, Ketua STKIP PGRI Bandar Lampung Wayan Satria, mengucapkan selamat atas dilantiknya guru besar pertama di STKIP PGRI Bandar Lampung.

“Saya sampaikan ucapan selamat, dan dengan dilantiknya guru besar ini, kami berharap dapat meningkatkan peranan dan fungsi perguruan tinggi,” singkatnya. (Uwi)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.