Sosialisasi Perda tentang Pengelolaan dan Retribusi TPI di Girijati

  • Whatsapp

Gunungkidul – Sosialisasi Peraturan Daerah kabupaten Gunungkidul Nomor 7 Tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan daerah sebelumnya yang mengatur retribusi TPI Kabupaten gunungkidul dan Perda nomor 1 Tahun 2012 tentang pengelolaan tempat pelelangan ikan di balai Kelurahan Girijati kapanewon Purwosari oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Gunungkidul yaitu Bambang Supriyanto, Amd dan E.Anggoro Putro dari Komisi D dengan peserta tokoh masyarakat Kelurahan Girijati yang difasilitasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Gunungkidul.

Para anggota DPRD kabupaten Gunungkidul komisi D memaparkan Perda nomor 1 tahun 2012 ini bertujuan untuk memperlancar pelaksanaan penyelenggaraan pelelangan, menjaga stabilitas harga ikan, dan meningkatkan taraf hidup nelayan,pelaku usaha perikanan serta meningkatkan pendapatan asli daerah.

Baca Juga :  Dika Septiadi Raih Nilai Tertinggi Ujian Jabatan Dukuh Srikoyo

Dalam Perda tersebut dijelaskan persyaratan tempat pelelangan ikan, hak dan kewajiban pelelangan, tempat pelelangan ikan, tata cara transaksi di TPI dan penanggungjawab serta pembinaan pengendalian dan pengawasan.

Kemudian pemaparan tentang Perda nomor 15 tahun 2017 tentang retribusi TPI menjelaskan mengenai obyek ,subyek, karakteristik retribusi dan tempat,tarif, angsuran, pembayaran serta dispensasi bagi wajib retribusi.

Salah satu tokoh masyarakat Kalurahan Girijati mengharapkan bahwa adanya pengembangan sektor perikanan air tawar yang cocok juga dengan karakter wilayah kalurahan Girijati. (Mungkas)

Facebook Comments