Sosialisasi AWPI Halut ” Peran Media dan Perkara Hukum di Halmaheta Utara” di SMAN 6 Tobelo

Pemateri dalam sosialisasi yang bertajuk " Peran Media dan Perkara Hukum di Halmaheta Utara", itu di isi oleh, Agus Wirawan Eko Saputro (Kepala Kejaksaan Negeri Halut), Novebi Eteua (Akademisi Universitas Hein Namotemo), Mufrid Tawarik (Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, Provinsi Maluku Utara) (cw/*)

Tobelo-Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI), Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara sukses selengarakan sosialisasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Tobelo.

Pemateri dalam sosialisasi yang bertajuk ” Peran Media dan Perkara Hukum di Halmaheta Utara”, itu di isi oleh, Agus Wirawan Eko Saputro (Kepala Kejaksaan Negeri Halut), Novebi Eteua (Akademisi Universitas Hein Namotemo), Mufrid Tawarik (Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, Provinsi Maluku Utara).

Tiga narasumber juga manyuguhkan materi-materi sesuai tapik dan besik masing-masing.

Agus Wirawan Eko Saputro dalam kesempatannya, menyebutkan, memahami hukum penting, agar bisa membuat kita lebih sadar atas konsekuensi dari apa yang jika kita perbuat.

Baca Juga :  DLH Halut Gelar KP Penyusunan Dokumen RPPLH Tahun 2022-2052

“Memahami aturan hukum itu penting, sebab itu berlaku untuk kita semua. Aturan tersebut tentunya yang membatasi segala bentuk kesewenang-wenangan, Hingga pada akhirnya keadilan dan keseimbangan bisa diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat,” ucap Kejari.

Agus menambahkan, angka kasus tertinggi saat ini di Kejaksaan Negeri Tobelo, ialah Pelecehan Seksual, siswa-siswa diminta agar lebih bijak dalam bergaul.

“Saat ini kasus Pelecehan Seksual anak dibawah umur angkanya paling tinggi dengan kasus pidana lain. Sebab itu, melalui sosialisasi ini adik-adik memanfaatkan waktu dengan baik, agar tidak menjadi korban, juga pelaku dalam pelanggaran hukum tersebut,” TambahNya.

Meteri-materi yang disuguhkan pada ratusan siswa yang hadir saat kegiatan terlihat sangat tepat sasaran. Hal itu terlihat saat, berbagai pertanyaan yang dilontarkan pada pemateri.

Baca Juga :  Tokoh Adat Lingkar Tambang Apresiasi Program PT NHM

Manariknya, Mufrid Tawari sebagai pemateri terakhir, menyampaikan media sangat diuntungkan jika dipergunakan dengan benar, dan bisa bernasib buruk jika dipergunakan dengan tidak benar.

“Dengan media kita bisa mendapat ilmu, menunjang bisnis, promosikan diri, sebagai sumber informasi, bisa juga
membuat konten-konten kreator yang dapat menghasilkan uang, bahkan bisa membangun relasi yang baik. Namun, jika dipergunakan dengan tidak benar, sudah pasti kita akan berurusan dengan penegak hukum,” ucap Mufrid. (cw/*)

Pos terkait