Sertifikat dan Diklat Dapat Tingkatkan PAUD

WAY KANAN– Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga saat ini masih dianggap istilah sekolah hanya bermain dengan anak-anak. Padahal tak semua orang tahu dan memahami manfaat besar yang akan muncul pada kemudian hari setelah para anaknya ini terbentuk.

Demikian ditegaskan Wakil Bupati Way Kanan, Edward Anthoni, saat memberikan sertifikat Guru Pendamping Muda di TK Negeri Pembina, Kampung Bandar Dalam, Kecamatan Negeri Agung, Jumat (31/1).

Menurut Edward, penyelenggaraan PAUD adalah pendidikan sangat unik dan komplek, mulai dari peserta didiknya sampai dengan pendidiknya. Karena itu, tak semua orang bisa jadi guru dan mau jadi guru. Terutama kalau jadi guru PAUD.

Baca Juga :  Kasrem 043/Gatam Cek Pelaksanaan Samapta Periodik Semester I Ta 2022 Korem 043/Gatam

”Keunikan dan kompleknya anak-anak PAUD, inilah guru. Ia wajib bekali diri dengan ilmu paedagogik, yang sangat berguna dalam mendampingi agar anak didik tumbuh kembang. Banyak orang pintar tapi dia tak mampu menalarkan pintarnya itu kepada orang lain,” katanya.

Dia menjelaskan, pendidikan dan pelatihan (diklat) merupakan bagian kiat/trik dalam mendampingi anak didik. Profesi guru merupakan pekerjaan panggilan hati. Guru PAUD jika tolak ukurnya masalah uang atau gaji, dia pasti tak akan lama jadi guru PAUD.

“Berbekal latar pendidikan sekolah nonkeguruan, dan tak pernah tahu bagaimana mengajar, mendidik, dan mendampingi anak dengan berbagai karakter, maka usai ikut pelatihan guru pendamping muda ini, banyak hal didapatkan untuk mendidik anak,” ucapnya. (yon)

Baca Juga :  Pemprov Lampung Mulai Persiapkan Acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.