Sering Banjir Saat Hujan Deras, Drainase di Kawasan Perumahan Dilebarkan

  • Whatsapp
Sering Banjir Saat Hujan Deras, Drainase di Kawasan Perumahan Dilebarkan. Foto: ISt

Muaro Jambi – Seringnya tergenang air saat hujan deras turun, membuat kawasan Perumahan menjadi banjir, karnanya guna mengantisipasi hal itu agar kedepannya tidak terjadi banjir lagi, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, tahun ini melakukan pelebaran Drainase.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi Yultasmi saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, Kawasan Perumahan di Kabupaten Muaro Jambi saat hujan deras datang, sering mengakibatkan terjadinya banjir dadakan. Salah satunya di kawasan Perumahan yang berbatasan dengan kota jambi, seperti Perumahan Namura dan Perumahan Karya Mandiri yang berada di kecamatan jambi luar kota.

“Kawasan perumahan itu, saat hujan deras datang sering mengakibatkan terjadi banjir, hal ini disebabkan drainase yang ada terlalu kecil sehingga tidak bisa membuang air dengan cepat, jika hujan lebat datang maka dapat menyebabkan banjir,” Kata Yultasmi.

Lanjutnya, guna mengantisipasi agar tidak lagi terjadi banjir kedepannya, pihak Dinas PUPR Muaro Jambi berencana akan melakukan pelebaran drainase di wilayah tersebut.

“ Saat ini, saluran irigasi atau drainase di perbatasan wilayah muaro jambi dan kota jambi itu sedang dilakukan penanganan oleh pupr kota jambi. di lokasi itu, telah disepakati dengan perwakilan pemerintah desa, kecamatan, perwakilan warga sekitar, PUPR Muaro jambi dan PUPR Kota jambi mengupayakan penanganan genangan air pada lokasi pemukiman warga perlu ada rekonstruksi alur saluran dan pelebaran saluran serta pembuatan kolam retensi,” Kata Yultasmi Kamis 8 Juli 2021 di ruang kerja nya kemarin.

Ia juga menambahkan untuk meningkatkan daya tampung dan fungsi saluran di area perbatasan juga sudah disepakati disatukan antara alur saluran irigasi Muaro jambi dan Kota jambi dengan dimensi saluran yang diperlebar, untuk pelaksanaannya disepakati dapat diteruskan oleh dan dengan anggaran PUPR kota jambi yang saat ini sedang ada kegiatan di lokasi tersebut.

“Dan terhadap lahan yang kena alur pelebaran dan terdampak konstruksi terlebih dahulu dengan izin dan persetujuan serta pengawasan warga pemilik lahan sekitar lokasi,” Tandasnya.(RH)

Facebook Comments