Serap Aspirasi, Ketua DPD RI Temui Arinal

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, berharap pertemuannya dengan Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mataliti menjadi wadah komunikasi dan penguatan kemitraan untuk percepatan pembangunan menuju kesejahteran masyarakat.

“Semoga pertemuan ini jadi momentum bagi percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik di Lampung khususnya maupun nasional pada umumnya,” kata Arinal saat menerima rombongan DPD RI di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur setempat, Selasa (10/12).

Arinal juga menyampaikan posisi Provinsi Lampung di gerbang Pulau Sumatera dan memiliki basis ekonomi di bidang pertanian dalam arti luas (seperti tanaman pangan, perkebunan, peternakan, serta kelautan dan perikanan)

“Sektor pertanian berperan penting karena 47,97% penduduk Lampung bekerja di pertanian. Sektor pertanian berkontribusi 30% dari total PDRB Provinsi Lampung pada tahun 2018 yang mencapai angka Rp333 triliun,” jelasnya.

Baca Juga :  Program Pemutihan Pajak Kendaraan Akan Berakhir

Menurutnya, Lampung memiliki berbagai komoditas unggulan di antaranya padi, jagung, ubi kayu, nanas, pisang, kopi, lada, kambing dan udang.

Untuk mendayagunakan semua potensi itu Lampung secara optimal berupaya mengatasi berbagai permasalahan seperti menurunkan angka kemiskinan, meningkat indeks pembangunan manusia, meningkatkan produktifitas pertanian, pengembangan potensi wisata hinggga permasalahan keterbatasan fiskal. Lampung juga membutuhkan sinergitas dengan semua pihak termasuk memperkuat seinergitas dan kemitraan dengan DPD RI.

“Untuk mendayagunakan potensi secara optimal dan sebagai upaya mengatasi berbagai tantangan dihadapi Pemprov, kita perlu membangun kerja sama, koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas antar jenjang pemerintahan termasuk pemerintah pusat sebagai upaya mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Lampung,” katanya.

Baca Juga :  Pembukaan Musda ke II DPD AWPI Lampung, Ini Pesan Ketum DPP AWPI

“Saya berharap hasil pertemuan ini dapat dijadikan bahan referensi dan informasi DPD RI dalam menentukan kebijakan dan juga dukungan kepada kami demi kemajuan daerah dan masyarakat Lampung,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mataliti, mengatakan tujuan kunjungan mereka ialah menyerap aspirasi dan mengetahui perkembangan daerah sesuai dengan visi pemerintah Provinsi Lampung Rakyat Lampung Berjaya.

“Presiden Jokowi menekankan 3 hal penting yang harus diperhatikan, yaitu mendorong peningkatan investasi, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan pertambahan lapangan kerja,” kata La nyalla. (hms/ria)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.