Sempat Tertunda, Akhirnya Pengurus PGIW Kepri Dilantik Secara Daring

  • Whatsapp
Sempat Tertunda, Akhirnya Pengurus PGIW Kepri Dilantik Secara Daring. Ist

TANJUNGPINANG – Setelah beberapa kali tertunda akibat pandemi COVID-19 yang mendera dan meningkat tajam dalam beberapa bulan terakhir, akhirnya pelantikan pengurus lengkap PGIW Kepri bisa terlaksana pada hari Kamis (30/07/2021) secara daring.

Bersatu dan bahu-membahu dalam arak-arakan oikumenis di wilayah Kepulauan Riau adalah menjadi thema dari pelantikan ini untuk merefleksikan salah satu tugas pokok dari Persekutuan Gereja gereja di Indoneaia dalam mewujudkan kerukunan umat inter beragama dan antar umat beragama.

Dalam Khotbahnya Pdt Yohanes Palar S.Th yang juga menjabat salah satu Ketua PGIW Kepri menerangkan bahwa kita bersatu adalah sebagai kebutuhan, kita rukun sebagai kebutuhan, kita tidak bisa hidup sejahtera tanpa yang lain.

Lebih jauh ia menjelaskan dengan analogi tubuh dimana bagian tubuh satu dengan yang lain saling membutuhkan tanpa ada niat menyisihkan yang lain. Kita perlu mengimplementasikan kesatuan PGIW Kepri supaya kita kuat, kita perlu mengimplementasikan saling membutuhkan dalam berbangsa dan beragama supaya kita rukun, dan itulah panggilan mulia yang harus kita laksanakan.

Selanjutnya Sekum PGIW KEPRI Pdt Dr Otniel Otieli Harefa M.Pd dalam sambutanya mengungkapkan bahwa dalam segala kesulitan yang dihadapi oleh bangsa kita hari hari ini PGIW Kepri terpanggil untuk melaksanakan tugasnya dalam membangun masyarakat yang kuat dalam iman dan toleran dalam berdampingan sehingga bisa tercipta kerukunan dan kedamaian antar umat beragama.

Baca Juga :  FPII Sebut Tindakan Kekerasan Jurnalis Di Batam Sebagai Catatan Kelam Kebebasan Pers di Kepri

Dengan demikian PGIW Kepri memberi sumbangsih real dalam mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan kerukunan umat beragama baik tingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten Kota.

Menjawab pertanyaan tentang bagaiamana PGIW Kepri menyikapi keadaan sulit di masa pandemi saat ini dimana banyak keterbatasan masyarakat dalam melaksanakan tugasnya termasuk kegiatan peribadatan.

Otniel Harefa yang juga seorang akademisi (Waket 1 STT REAL Batam) mengungkapkan bahwa semua kita mesti bijaksana dalam merespon segala kesulitan yang terjadi saat ini, kita perlu memdukung pemerintah dalam segala kebijakanya termasuk penerapan PPKM saat ini, tetapi bukan berarti kita tidak melakukan apa-apa.

“Mari tetap berkegiatan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, kita tetap beribadah tanpa terhalangi oleh situasi dan keadaan dengan memanfaatkan teknologi digital untuk sementara waktu sembari tetap kita berdoa pademi COVID 19 cepat berakhir sehingga semua kita bisa bebas berkumpul dan beribadah kembali seperti biasa,” tuturnya.

PGIW Kepri siap bergandeng tangan dengan pemerintah dalam upaya memutus rantai penularan virus Corona.

Selanjutnya Ketua Umum PGIW Kepri Pdt Renova Johnny Sitorus S.Th dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa PGIW Kepri memiliki potensi yang sangat besar dalam melakukan pekerjaan besar dalam membangun kehidupan umat yang lebih sejahtera dan bisa menjadi mitra startegis pemerintah dalam mewujudkan kerukunan umat beragama.

Baca Juga :  UMKM Bisa Ajukan Pinjaman di BRK, Bunga Ditanggung Pemprov Kepri

Harapanya kepada seluruh pengusus yang dilantik hati ini, jangan sekedar tertulis namanya sebagai pengurus tetapi harus berkomitmen untuk sungguh-sungguh bekerja dalam membangun PGIW Kepri ke depan, kesejahteraan umat baik secara internal maupun secara eksternal.

Dalam sambutanya Pdt Renova yang juga sebagai Pareses HKBP Distrik Kepri menyampaikan bahwa PGIW KEPRI saat ini memiliki keanggotaan 35 sinode gereja dengan jumlah seluruh anggota jemaat 142.890 orang. Sebuah kekuatan besar jika bergerak bersama dalam melakukan trilogi panggilan gereja yaitu Koinonia, Marturia dan Diakonia.

Serta tugas membanngun hubungan kelembagaan antara gereja dan pemerintah dan gereja dwngan umat beragama lainya di Indonesia. Renova menyampaikan komitmenya bahwa PGIW dan PGID siap mendukung pemerintah baik pemerintahan provinsi maupun pemerintahan kabupaten/kota, sebaliknya juga memohon dukungan pemerintah daerah di tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota di Kepri untuk siap mendukung kegiatan PGIW Kepri.

Sehinga bisa terwujud kemitraan yang sinergitas dalam membangun kesejahteraan rakyak KEPRI.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepri dalam sambutanya menyampaikan dukungan dan ucapan selamat kepada PGIW Kepri yang melaksanakan pelantikan pengurus lengkapnya pada hari ini, sekaligus mengharapkan keberlanjutan peran aktif PGIW Kepri dalam membangun keutuhan dan kerukunan umat beragama di wilayah Kerpi.

Baca Juga :  Danrem 033/Wira Pratama Tinjau TMMD ke-112 di Batam

Pelantikan Pengurus lengkap PGIW Kepri yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad secara Virtual Zoom. Ditambahkan Ansar atas kegembiraanya pelaksanaan kegiatan pelantikan pengurus lengkap PGIW Kepri secara daring pada hari ini, mengingat masa masa ini masih pelaksanaan kebijakan PPKM Level IV.

Namun demikian kegiatan lembaga keagaamaan seperti hari ini tetap bisa terlaksana dengan baik lewat pemanfaatan teknologi digital, dimana hal ini sebagai wujud dukungan PGIW Kepri kepada pemerintah daerah dalam memtus rantai penularan virus Corona.

Ansar Ahmad menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PGIW Kepri yang telah berperan aktif dalam membangun kerukunan antar umat beragama di Provinsi Kepri dalam wawasan kebangsaan dan kebihnekaan, dan kiranya ke depan PGIW Kepri bersama dengan seluruh pengurus yang telah dilantik hari ini terus melaksanakan tugas panggilanya dalam mewujudkan kemaslahatan umat dan menjadi mitra pemerintah daerah dalam mewujudkan masyakat Kepri yang sejahtera.

Sembari mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus, Gubernur Kepri menyampaikan dukungannya kepada pelaksasanaan program kegiatan PGIW Kepri ke depan dalam upaya membangun umat dalam iman yang kokoh dan berwawasan kebihnekaan mengingat Kepri dan khusanya Kota Batam yang masyarakatnya sangat majemuk dalam berbagai aspek termasuk agama.

“Selamat dan Sukses untuk seluruh pengurus lengkap PGIW Kepri 2021-2026,” tutupnya. (*)

Facebook Comments