Sat Binmas Polres Gunungkidul gelar pembinaan dan penyuluhan Banser 

  • Whatsapp
Sat Binmas Polres Gunungkidul gelar pembinaan dan penyuluhan Banser 

GUNUNGKIDUL – SatBinmas Polres Gunungkidul gelar pembinaan dan penyuluhan terhadap organisasi kemasyarakatan dengan personil dari Banser di seluruh kabupaten Gunungkidul di rest area dan rumah makan bu Wiwik Kelurahan Mulo kapanewon Wonosari, Kamis (09/12/2021).

Dalam pembinaan dan penyuluhan tersebut disampaikan oleh Ipda Sigit Sugiyanto dari SatBinmas Polres Gunungkidul menyampaikan tentang tupoksi Polri dan peran serta organisasi kemasyarakatan harus bersinergi dengan Polri dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Organisasi Kemasyarakatan atau yang di singkat Ormas adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan aspirasi kehendak kebutuhan kepentingan kegiatanan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI yang berakar Pancasila .

Baca Juga :  HUT ke 73 RSUD Wonosari, Bupati Gunungkidul Resmikan Gedung Persalinan

Tujuan Organisasi Kemasyarakatan Meningkatkan partisipasi dan keberadaan masyarakat dan memberi pelayanan kepadanya. Menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.Melestarikan dan memelihara norma nilai moral etika dan budaya yg hidup dalam masyarakat serta melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Selanjutnya mengembangkan kesetiakawanan sosial gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat. Menjaga memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan tujuan negara.

Bentuk gangguan kamtibmas adalah:

1. Tindak pidana adalah perbuatan yang melanggar /melawan hukum yang berlaku baik dalam KUHP maupun UU yg ada.

2. Penyimpangan sosial perbuatan yang melanggar/bertentangan dengan aturan/norma/adat istiadat masyarakat

3. Bencana alam dan wabah penyakit

Baca Juga :  HUT ke 73 RSUD Wonosari, Bupati Gunungkidul Resmikan Gedung Persalinan

4. Gangguan lain yg dpt timbulkan kekacauan,kepanikan,ketakutan,kesengsaraan masyarakat dan kehancuran sarpras baik milik masyarakat, pemerintah, lembaga non pemerintah.

Contoh sinergitas ormas dengan polisi adalah melaksanakan kegiatan penanggulangan covid-19. Menjaga lingkungan menghadapi kejahatan jalanan dan melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat. Dengan potensi kekuatan masyarakat diharapkan mampu menangkal , mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum serta bentuk-bentuk gangguan lainnya yang meresahkan masyarakat. (Mungkas.RS)

Pos terkait