Riana Arinal Lantik Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Lampung Tengah 2021-2025

  • Whatsapp
Riana Sari Arinal Lantik Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Lampung Tengah 2021-2025

LAMPUNG TENGAH —– Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Lampung Ibu Riana Sari Arinal melantik pengurus YJI Cabang Lampung Tengah masa bhakti 2021-2025, di Nuwo Balak, Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (29/9/2021).

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Pengurus YJI Cabang Utama Lampung Nomor: 065/YJI-CU-LPG/SK/VI/2021 tentang Revisi susunan kepengurusan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Lampung Tengah Masa Bakti 2021-2025.

Adapun susunan kepengurusan YJI Cabang Lampung Tengah yaitu Ketua Mardiana Musa Ahmad, Sekretaris Agung Prawira, dan Bendahara Ahmad Rivandi.

Dalam sambutannya, Ibu Riana menjelaskan bahwa Yayasan Jantung Indonesia adalah organisasi mitra pemerintah yang menjadi pelopor gaya hidup sehat dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Keberadaan Yayasan Jantung Indonesia ini tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia dengan Cabang Utama dan Cabangnya.

Salah satu cabang utamanya adalah di Provinsi Lampung yang sudah berdiri sejak tahun 90-an.

“Dengan bertambahnya Yayasan Jantung Indonesia di Kabupaten Lampung Tengah, diharapkan dapat menjadikan Yayasan Jantung Indonesia semakin berkembang serta berkontribusi positif dalam pembangunan di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Lampung Tengah,” ujar Riana.

Baca Juga :  Korem 043/Gatam Terima Dukungan LCD Proyektor dari Disinfohlatad

Ibu Riana juga mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang baru dikukuhkan, dan berharap dapat mengemban amanah dengan baik serta mampu membantu mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Lampung Tengah.

Dengan telah dilaksanakan pengukuhan, Riana meminta Kepengurusan YJI Lampung Tengah agar segera menyusun program kerja yang diprioritaskan pada Pemeriksaan/screening kesehatan jantung, melalui pemeriksaan tekanan darah, EKG/rekam jantung, serta pemeriksaan laboratorium sederhana.

Kemudian, konsultasi kesehatan jantung bagi masyarakat bekerja sama dengan Perki (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia), dan penyuluhan masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat.

Selain itu, meningkatkan peran Klub Jantung Sehat Masyarakat dan Remaja, untuk melakukan olah raga secara teratur. Serta membantu pendanaan operasi bagi penderita jantung bawaan dari keluarga tidak mampu melalui bantuan dari Yayasan Jantung Indonesia Pusat.

Lebih lanjut, Ibu Riana mengingatkan bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, yang utamanya disebabkan karena merokok, diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas, maupun polusi udara.

Baca Juga :  Sinergi OJK Lampung dan Media untuk Percepat Pemulihan Ekonomi

“Di masa pandemi Covid-19 ini, seseorang dengan gangguan jantung harus lebih berhati-hati karena virus dapat menyebar secara lebih luas didalam tubuhnya. Untuk itu lebih baik kita mencegah daripada mengobati,” jelasnya.

“Alhamdulillah beberapa minggu terakhir, kasus konfirmasi positif Covid-19 terus menurun. Tetapi saya mengingatkan bahwa pandemi ini belum berakhir, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Lampung Tengah, hendaknya terus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat yaitu dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” imbaunya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lampung Tengah Ardito Wijaya mengucapkan selamat kepada Ketua dan Pengurus YJI Lampung Tengah yang baru saja dilantik. Dia berharap dan memiliki keyakinan, bahwa pengurus YJI Lampung Tengah akan membawa perubahan dan akan mampu menurunkan penyakit jantung di Lampung Tengah.

“Sampai saat ini, jumlah penyumbang kematian yang ada di Indonesia, paling banyak terjadi dikarenakan penyakit jantung. Dan dari semua penyakit jantung yang ada, 80 persennya bisa diatasi dan bisa dicegah,” ujarnya.

Baca Juga :  Ketua AWPI : Kejati Perlu Chek And Re-Chek Semua Cabor

Melihat bahwa 80 persen penyakit Jantung bisa diatasi, Pemda Lampung Tengah sangat memberikan dukungan kepada YJI Lampung Tengah untuk melakukan segala upaya, termasuk sampai masuk ke Rumah Sakit, Puskesmas, hingga ke tengah masyarakat untuk melakukan sosialisasi dan kampanye menjaga kualitas hidup sehat, dan melakukan senam jantung sehat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua YJI Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kesempatan yang diberikan Ketua YJI Lampung Tengah Ibu Riana Sari Arinal yang telah menunjukkan kesempatan untuk menjadi Ketua YJI Lampung Tengah 2021-2025.

“Ini bukanlah suatu tugas yang ringan. Namun saya percaya dengan dorongan, motivasi, dan kerjasama, maka kita akan mampu mewujudkan warga Lampung Tengah untuk menerapkan hidup sehat,” ujarnya. (Adpim)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait