Rektor UIN Sharing Pengembangan Kampus Hijau di Forum National Sustainability Leader 2020

Bandar Lampung – Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Moh Mukri MAg kembali menjadi pembicara pada forum tentang pengelolaan kampus hijau. Kali ini dalam forum National Sustainability Leaders Meeting 2020 yang bertema “Menciptakan Sustainability Leaders Dalam Transformasi Kampus Berkelanjutan”, diselenggarakan IPB University dan UI GreenMetric (UIGM) World University Ranking.

Webinar yang berlangsung di aplikasi Zoom, Kamis (17/6/2020), ikuti lebih dari 200 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan dunia. Webinar ini juga ditayangkan di kanal YouTube UIN Raden Intan Lampung.

Prof Mukri berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan kampus UIN. Dia menceritakan tentang kondisi kampus saat awal dia memimpin hingga saat ini.

Baca Juga :  Edward Antony Bagikan BST kepada 382 KPM di Kasui

“Berawal dari dorongan pribadi, kecintaan saya terhadap lingkungan, kemudian saya coba implementasikan di kampus. Kampus UIN dulunya areal persawahan. Jadi kalau musim kemarau kering, musim hujan banjir. Dari sini coba kami siasati bagaimana air ini saat musim hujan tidak lari dan menjadikan kampus lebih asri,” ceritanya singkat dalam webinar .

Menurutnya, sebagai pemimpin harus dapat memberi contoh. “Kita harus memberi contoh. Rosul juga diikuti karena memberikan suri teladan, baik perintah dari Allah maupun larangan-Nya,” terang guru besar bidang ushul fikih ini.

Rektor mengatakan bahwa untuk mewujudkan kampus hijau, selain melibatkan semua unsur warga kampus, tentunya harus ada dukungan dana. Dia mengingatkan tentang perintah agama untuk hidup bersih dan menjaga lingkungan.

Baca Juga :  DPRD Lamsel Apresiasi Kinerja Nanang Tanggulangi Covid-19

Prof Mukri berharap apa yang telah dilakukan ini menjadi virus kebaikan. “Alhamdulillah sejumlah PTKIN belajar ke UIN Raden Intan. Saya ingin menginspirasi khususnya PTKIN agar bisa menjadikan kampusnya lebih asri,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua UI GreenMetric Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MSc MM berharap lebih banyak universitas yang submit di UIGM. Dia menjelaskan bahwa membangun jaringan untuk mewujudkan kampus hijau berkelanjutan sangat penting.

“Kita semua bisa bekerjasama, sharing, dan bersemangat. Semoga universitas di Indonesia bisa lebih baik lagi,” ungkap Prof Riri.

Hadir juga sebagai pembicara pada forum ini diantaranya Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria MSi; Acting Vice President Mahidol University Thailand, Prof Kitikorn Charmondusit PhD; Wakil Ketua UIGM, Junaidi MA; Koordinator UIGM untuk Indonesia/Wakil Rektor Universitas Diponegoro, Prof Dr Ambariyanto MSc; Kepala Lembaga Pengembangan Institut IPB University, Dr Ir Eman Rustiadi MAgr; dan sebagai moderator Dr Ir Aceng Hidayat MT yang juga sebagai Ketua Tim Implementasi Green Campus IPB University. (*)

Facebook Comments