Puan Maharani Akan Resmikan Pasar Legi Solo

Puan Maharani Akan Resmikan Pasar Legi Solo

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani akan meresmikan Pasar Legi Solo pada 20 Januari mendatang. Ia berharap, kembali beroperasinya Pasar Legi akan meningkatkan roda perekonomian Solo.

“Saya pernah berkunjung saat pembangunan Pasar Legi masih 55 persen. Insya Allah saya bisa hadir untuk meresmikan Pasar Legi yang pembangunannya sudah selesai,” ungkap Puan, Selasa (18/1/2021).

Nantinya, Puan akan didampingi oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meresmikan Pasar Legi yang habis terbakar pada akhir 2018 lalu. Puan juga mengingatkan agar protokol kesehatan tetap dijaga saat Pasar Legi kembali dibuka.

“Mudah-mudahan dengan dibukanya kembali Pasar Legi, pedagang semakin nyaman. Dan saya berharap Pasar Legi dapat menggerakkan perekonomian Solo karena ini merupakan pasar induk,” harap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut.

Baca Juga :  Lenistan Nainggolan Angkat Bicara Terkait Tower Bermasalah di Way Kandis

Dalam peresmian Pasar Legi, Puan akan menandatangani sebuah prasasti. Ia juga akan meninjau kios-kios pedagang dan mengetes operasional sistem pembayaran non-tunai QRIS yang akan diterapkan di Pasar Legi.

Sementara itu, Gibran menyambut baik kehadiran Puan untuk meresmikan Pasar Legi pada hari Kamis nanti.

“Dulu waktu sedang dibangun, Mbak Puan datang dan saya janji akan mengundang beliau meresmikan Pasar Legi,” kata Gibran.

Pasar Legi mulai dibangun pada 6 November 2020 secara multiyears kontrak. Pasar ini terdiri dari 2 lantai dengan 4 blok yang bisa menampung sekitar 2.000 pedagang.

Salah seorang pedagang, Katih Budiman mengaku senang dengan akan dibukanya kembali Pasar Legi. Penjual cabai dan bawang ini sudah berjualan sejak sebelum Pasar Legi terbakar.

Baca Juga :  H. Juanda Ungguli Winarti pada Poling Cabup Tuba 2024 - 2029

Selama proses pembangunan, Katih berjualan di jalan atau emperen Pasar Legi. Ia menilai pembangunan Pasar Legi sangat membantu para pedagang.

“Gedungnya bagus, penataan rapi sehingga lebih nyaman. Tapi pedagang berharap agar ada WiFi di Pasar Legi karena sinyal HP susah, apalagi nanti pembayaran harus pakai QRIS jadi kami sangat butuh akses jaringan,” ucap Katih.

Kemudian pedagang daging sapi yang sudah berjualan di Pasar Legi selama 30 tahun, Yeni merasa bersyukur Pasar Legi sudah selesai dibangun. Ia pun menyambut dengan sukacita peresmian yang akan dilakukan oleh Puan.

“Posisi kios cukup strategis. Enaknya sekarang gedung bagus dan lebih teratur. Dulu kalau pindahan ke pasar darurat, pindah nggak langsung ada pembeli. Di sini, pindah pasar baru langsung sudah ada pembeli,” tuturnya.

Baca Juga :  H. Juanda Ungguli Winarti pada Poling Cabup Tuba 2024 - 2029

Selain meresmikan Pasar Legi, Puan juga memiliki sejumlah agenda lainnya di Solo dan sekitarnya seperti Boyolali, Sukoharjo dan Klaten, yang merupakan Daerah Pemilihannya (Jateng V) sebagai anggota DPR RI. Ia juga akan meninjau vaksinasi anak sekolah pada Rabu (19/1), mengunjungi Rumah Disabilitas, peresmian Rusun pesantren dan Kampung Batik Laweyan.

Keesokan harinya, Puan akan melakukan dua peresmian sekaligus yaitu Pasar Legi Solo dan Jembatan Lereng Gunung Merapi di Klaten. Mantan Menko PMK itu juga direncanakan mengikuti kegiatan penebaran benih ikan. (FP)

Pos terkait