PTPN VI Serahkan Bantuan TJSL Pada Mitra Binaan Pelaku Usaha Jambi-Sumatera

  • Whatsapp
PTPN VI Serahkan Bantuan TJSL Pada Mitra Binaan Pelaku Usaha Jambi-Sumatera

JAMBI – PT Perkebunan Nusantara VI atau PTPN VI Jambi menyerahkan Bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), kepada mitra binaan di kantor pusat di kawasan Kenali Asam Bawah Kota Jambi.

Bantuan tersebut diserahkan kepada 15 orang pelaku usaha di Kota Jambi, yang juga merupakan mitra binaan dari PT Perkebunan Nusantara (PTPVI).

Seperti yang disampaikan Muhammad Zulham Rambe, SEVP Business Support PTPN VI Jambi, bahwa bantuan TJSL ini merupakan program yang sudah dimulai sejak berdirinya perusahaan perkebunan itu.

“Ada dasarnya bantuan ini adalah salah satu wujud kepedulian perusahaan, khususnya BUMN perusahaan yang terapliasi dengan kementerian. Bantuan ini juga bergulir, bukan berbentuk hibah,” katanya.

“Kami memang mengkhususkan kepada pelaku UMKM yang berada di sekitar wilayah kerja kami, yakni Jambi-Sumatera Barat. Karena apa, karena mereka juga ikut mendukung kesuksesan perusahaan dan menjaga proses produksi yang ada di PTPN VI ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Kadis Pendidikan serahkan tropi Juarai Kompetisi U-12 Tingkat SD Kabupaten Muaro Jambi

Oleh karena itu, selain sebagai wujud kepedulian perusahaan, bantuan dana UMKM PTPN VI ini, juga merupakan bentuk apresiasi dan pemberian manfaat kepada masyarakat luas, bahwa PTPN VI berada di tengah masyarakat kita bisa bermanfaat bagi perekonomian dan usaha penduduk di wilayah kerjanya.

“Karena pada dasarnya, masayarakat dan pelaku usaha yang ada di wilayah kerja kami ini, juga merupakan bagian dari keluarga kami PTPN VI. Walaupun pun mereka tidak berada dalam internal perusahaan, tapi mereka juga berhak menikmati apa yang kita dapatkan. Meskipun ini dalam bentuk pinjaman,” bebernya.

Di samping itu, untuk tenggang waktu pinjaman tersebut, yakni selama 3 tahun. Proses pembayarannya pun ditentukan waktunya, dengan bunga yang sangat rendah

Menariknya, dana yang di cicil oleh para pelaku usaha UMKM ini, akan dipinjamkan lagi kepada orang baru yang mengajukan pinjaman. Untuk itu, semakin cepat proses pembayarannya, maka semakin banyak masyarakat atau pelaku usaha lain terbantu.

Baca Juga :  Bupati Masnah Buka Pelatihan Juru Sembelih Indonesia Muaro Jambi

“Jadi ini bukan program pertama, tapi sudah ada sejak berdirinya PTPN VI dan sudah banyak juga mitra binaan kita yang sudah sukses dalam menjalankan usahanya. Ini juga berkat bantuan yang kami berikan,” ucapnya.

Kepada masyarakat yang berada di sekitar lingkungan PTPN VI di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, yang ingin menambah dan meningkatkan perekonomian keluarga lewat usaha bisa menghubungi sekretariat perusahaan.

Dipenuhi syarat, serta semua ketentuannya yang ada. Persyaratannya pun sangat ringan, tidak banyak. Kami pun akan segera menyalurkannya,” imbuhnya.

Ia juga berharap, ketika nanti sudah melakukan pinjaman dan mendapatkan bantuan tersebut, agar segera mengembalikan sesuai jadwal. Mengingat, semakin cepat proses pembayarannya, maka akan banyak orang lain yang merasakan manfaatnya.

“Intinya jangan sampai macet lah, karena kalau macet orang lain yang membutuhkan tidak bisa terbantu.” tukasnya.

Terakhir, pengajuan pinjaman ini juga bisa melalui aplikasi khusus, yang sudah di buat oleh PTPN VI. Dimana, aplikasi ini tinggal instal di Google Play atau play store, dengan nama aplikasi yakni Roda UMK.

Baca Juga :  Kunjungan anggota DPRD Aidil Hatta ke PT. Afresh Indonesia

Setelah download, buka dan semua petunjuknya ada di aplikasi tesebut. Tinggal ikuti saja langkah selanjutnya.

Perkembangan digital saat ini, menuntut perusahaan untuk tetap mengembangkan diri pada kemajuan jaman. Saat ini kita juga melaunching program digital yang bernama Roda UMK, yang bertujuan untuk mempermudah calon mitra usaha untuk bergabung menjadi mitra binaan PTPN VI, mulai dari proses registrasi, kelengkapan dokumen, verifikasi dokumen, survey lokasi, sampai dengan proses pembuatan kontrak.

1. Mempermudah calon mitra binaan untuk memonitoring pembayaran cicilan, dan penerimaan pembayaran telah diterima dengan menggunakan Virtual Account.

2. Mempermudah tim PKBL PTPN VI dalam pengelolaan administrasi dokumen secara digital, pembayaran mitra binaan dapat termonitor, dengan baik dan laporan dapat tersaji dengan akurat. (RH)

Pos terkait