Provinsi Lampung Torehkan Sejarah pada Peringatan HUT RI ke 76

  • Whatsapp
Pasukan Paskibraka pada upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI ke 76 di Provinsi Lampung (17/08)

Bandarlampung, — Peringatan Detik – detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke 76 di Istana Merdeka menjadi catatan sejarah yang sangat berharga dan akan menjadi kenangan bagi seluruh warga masyarakat Indonesia dan khususnya bagi masyarakat Lampung.

Komandan Pasukan 8 berasal dari Brimob Polda Lampung dan 2 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka berasal dari Provinsi Lampung.

Terlebih satu hal yang menjadi kebanggaan bagi warga masyarakat Lampung dan menjadi pusat perhatian warga masyarakat Indonesia adalah saat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, berkenan mengenakan Pakaian Adat Lampung pada momen tersebut.

*Paskibraka Provinsi Lampung*

Seiring dengan pelaksanaan acara Peringatan Detik – detik Proklamasi HUT RI ke 76 di Istana Merdeka, Pemerintah Provinsi Lampung menggelar upacara pengibaran bendera merah putih bertempat di lapangan Korpri komplek kantor Gubernur Lampung dengan Inspektur upacara Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Pasukan pengibar bendera sebagai salah satu komponen utama dalam upacara pengibaran merupakan gabungan dari berbagai unsur, TNI, Polri dan Siswa -siswi SMU terpilih utusan dari berbagai Kabupaten dan Kota.

Baca Juga :  Bank Lampung Dukung Galeri Dekranasda Hadir di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni 

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) Provinsi Lampung sejak awal persiapan pelaksanaan upacara pengibaran bendera telah melakukan berbagai upaya dan persiapan semaksimal mungkin bagi anggota Paskibra Provinsi Lampung.

Melalui surat Nomor : 427/1941/V.17.02/2021 tanggal 3 Agustus 2021, hal panggilan peserta calon Paskibraka Provinsi Lampung Tahun 2021 yang dikirimkan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga seluruh Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi Lampung telah melaksanakan kegiatan Latihan bersama yang dimulai sejak tanggal 8 Agustus 2021 bertempat di Hotel Kurnia II jalan Radin Intan nomor 75 Bandar Lampung.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Lampung memfasilitasi seluruh Siswa/Siswi yang terpilih mewakili Kabupaten/Kota mulai dari Akomodasi, transportasi dan uang saku selama kegiatan mulai dari latihan hingga pelaksanaan upacara.

Hal tersebut diungkapkan Zurizal, salah satu Kepala Bidang pada Dinas Pemuda dan Olah raga Provinsi Lampung yang menangani Paskibraka Provinsi Lampung saat dihubungi via telepon pada hari Jum’at (20/08/2021).

Baca Juga :  Kunjungi Lampung, Anggota Ombudsman RI Temui Wakil Gubernur

Adapun anggota Paskibraka Provinsi Lampung yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera bersama unsur TNI dan Polri adalah sebanyak 33 orang yang telah melalui proses seleksi di Kabupaten dan Kota nya masing – masing, perwakilan yang dikirimkan ke Tingkat Provinsi merupakan kewenangan dan menjadi tanggungjawab Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten dan Kota.

“Semua anggota Paskibraka Provinsi Lampung yang berjumlah 33 orang itu diberikan akomodasi, transportasi dan uang saku, kedepan sangat diharapkan sinergi antara pemkab/pemkot dengan Pemprov Lampung agar persiapan dan pelaksanaannya makin baik,” ucap Zurisal.

Pasukan Pengibar Duplikat Bendera Pusaka bersama Pasukan Pengawal dari unsur TNI dan Polri terdiri dari :

Pasukan 17, sebanyak 13 orang berasal dari Paskibraka.

Pasukan 8, terdiri 12 orang berasal dari 8 orang Paskibraka ditambah 4 orang Pasukan Pengawal dan 1 orang Komandan Pasukan, sedangkan pasukan 45 terdiri dari 13 orang Pasukan Pengawal.

Baca Juga :  Sambut Hari Listrik Nasional ke 76, PLN Peduli Bedah 6 Rumah Purnakarya

Rasa bangga diungkapkan beberapa daerah di Lampung yang mengapresiasi siswa asal daerah nya yang menjadi paskibra tingkat Provinsi Lampung, diantaranya Pemkab Lampung Barat yang pada hari ini menyambut dan memberikan tali asih kepada siswa yang tergabung sebagai Paskibra asal Lampung Barat.

”Alhamdulillah ada tiga siswa terbaik yang kita kirim ke provinsi lolos dan menjadi Paskibraka tingkat Provinsi Lampung, yang sekaligus kebanggaan tersendiri bagi Lampung Barat. Tentunya semua ini bukan semata-mata karena Disporapar, tetapi kerja keras semua pihak mulai dari pelatihan yang diberikan PPI, dukungan pihak sekolah dan orang tua yang telah memberi restu kepada anak-anaknya untuk bertugas di provinsi,” ungkap Tri Umaryani, sebagaimana dijelaskan Kadis Kominfo Pemkab Lampung Barat,. Padang Priyo Utomo melalui sambungan telepon.(Kmf/Anca).

Pos terkait