Program Sejuta Akseptor di DIY Lampaui Target

  • Whatsapp

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 tahun 2020 ini, mempunyai warna yang berbeda, selain di laksanakan secara Virtual melalui Zoom Meeting karena masa Pandem Cocid 19, juga pada Harganas ke 27 tahun 2020 ini juga dilaksanakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, yang diarahkan untuk mendapatkan Rekor MURI.

Fokus pada kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan harapan kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, Perwakilan BKKBN DIY merangkul beberapa mitra kerja antara lain Dinas Kesehatan, OPD KB Kabupaten/Kota, organisasi profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Korem, PKK dan lain-lain.

Tanggal 29 Juni 2020, Peringatan Harganas ke 27 dilaksanakan secara Virtual melalui Zoom Meeting di 5 titik Kabupaten/Kota wilayah DIY. Dan bertepatan dengan kegiatan seremonial Harganas ke 27 tersebut, dilaksanakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor secara Nasional yang diarahkan mendapatkan Rekor Muri. Kegiatan pelayanan KB dimulai jam 08.00 WIB sampai jam 15.00 WIB, akan dilayani baik KB Baru, Ulang juga Ganti Cara. Sedangkan untuk KB Pasca Persalinan akan dilayanani mulai pukul 00.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Di Kapanewon Tanjungsari, kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dilaksanakan di 3 titik pelayanan, yaitu UPT Puskesmas Tanjungsari, PMB Endang Pamingkasih, PMB Hodesy. Jam 08.00 WIB tepat para calon peserta KB dengan didampingi Pengurus Forum IMP Kapanewon Tanjungsari mulai mendatangi Faskes tempat Pelayanan. Ada yang ke Puskesmas Tanjungsari ada juga yang ke PMB Endang Pamungkasih dan PMB Hodesy.

Tepat jam 09.00 WIB Pelayanan KB dimulai dengan pengarahan dari Ir. Sihono Yuliarto Koordinator Penyuluh KB Tanjungsari, yang menyampaikan terima kasih kepada segenap calon peserta KB yang telah berkenan mendukung kegiatan Pelayanan KB Serentak. Suhartiningsih dan Winarti bidan Puskesmas Tanjungsari sudah siap untuk melayani PUS yang akan ber KB.

Disela kegiatan pelayanan KB, Ir. Sihono Yuliarto berkesempatan melakukan wawancara dengan Suwarso SST kepala Puskesmas Tanjungsari tentang tanggapannya terhadap kegiatan pagi itu.
“Saya sangat mendukung kegiatan semacam ini, namun yang tetap harus diterapkan adalah Protokol Kesehatan pada masa Pandemi Covid 19 ini, Kami dari Puskesmas juga sudah berupaya mencegah penularan penyebaran Covid 19 dengan mewajibkan semua karyawan untuik memakai Alat Pelindung Diri (APD), sekali lagi saya sangat mendukung semoga ke depan bkegiatan senacam inibisa dilaksakan kembali,” Demikian ungkap Suwarso.

Selain kepada Suwarso SST, Ir Sihono Yuliarto juga berkesempatan berbincang dengan Suwarto Danposmil Kecamatan Tanjungsari, yang intinya sama ikut mendukung kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor.

Dalam Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, Balai Penyuluh KB Tanjungsari mendaptkan target 141 untuk semua kontrasepsi. Dengan kerjasama yang baik bersama Lintas Sektor yang ada dan Forum IMP Kecamatan Tanjungsari, Alhamdulillah target bisa terlampaui. Balai Penyuluh KB Tanjungsari dalam kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor mendapatkan 266 peserta KB (Baru, Ulang, Ganti Cara), dan 3 diantaranya KB Pasca Persalinan. Pencapian yang luar biasa.

Suhartiningsih selaku Ketua IBI Kabupaten Gunungkidul, setelah selesai pelayanan sempat berkomentar, “Saya sangat senang dan mendukung penuh kegiatan semacam ini, kerjasama antara Penyuluh KB dan Bidan semakin tampak, semoga kegiatan semacam ini dapat dilakukan pada moment-moment yang lain. Dengan kegiatan semacam ini dapat mendukung pencapaian program KB di kecamatan Tanjungsari,” ungkap Winarti.

Sudah berakhir kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, dengan hasil yang memuaskan.
Banyak harapan kedepan. Semoga kekompakan lintas sektor yang ada di kapanewon Tanjungsari terus terjaga. Segala program di segala bidang dapat terlaksana dengan baik, menuju kapanewon Tanjungsari yang maju dan makmur. (Mungkas)

Facebook Comments