Potensi Ikan Kerapu Melimpah di Lampung Timur

  • Whatsapp

LAMPUNG TIMUR – Perairan laut Timur Kabupaten Lampung Timur mengandung potensi ikan kerapu yang melimpah, kata Akademisi Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung, M Hadziq Qulubi, S.Pi.

“Nelayan di Labuhan Maringgai kususnya di Muara Way Penet,  beberapa kali menangkap anakan ikan kerapu atau menangkap bibitnya, itu mengindikasikan wilayah pesisir Lampung Timur kaya  ikan kerapu,” kata Hadziq Qulubi, seperti dilansir antaranews.com, Selasa (29/10/2019).

Pengajar mata kuliah Pemberdayaan Sumberdaya Perikanan dan Teknik Hasil Perikanan pada Fakultas Sains Dan Teknologi UNU Lampung ini menjelaskan, ikan kerapu suka pada tempat yang pantainya terdapat muara sungai.

Adapun pantai di wilayah Labuhan Maringgai, Lampung Timur  banyak muara sungainya seperti Muara Way Penet di Desa Margasari, Muara Way Boom di Desa Muara Gading Mas.

“Kalau melihat lingkungan, ikan kerapu cenderung ada di tempat-tempat yang ada muara sungainya,  Labuhan Maringgai ada muara sungainya,” jelasnya.

Menurut dia, potensi tersebut bisa dikembangkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat dengan melakukan budidaya dalam rangka meningkatkan ekonomi. 

“Dinas Perikanan bisa memetakan wilayah itu menjadi basis ikan kerapu dan nelayan yang menangkap bibit ikan kerapu diimbau membudidayakannya,” jelasnya. 

Budidaya bisa dilakukan di tambak dan di laut dengan membuat keramba ikan. Nelayan di Kecamatan Labuhan Maringgai Misno membenarkan, ikan kerapu banyak di daerahnya

“Iya benar, nelayan banyak yang mendapatkan ikan kerapu, jenisnya kerapu macan dan bebek, tapi yang paling banyak kerapu macan,” ujarnya. 

Nelayan lainnya, Gito menyebutkan ikan kerapu di wilayahnya dijual Rp50 sampai Rp60 ribu per kilogram.

Facebook Comments
Baca Juga :  Team Vaksinator Puskesmas Wira Bangun Gelar Vaksinasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.