Posko XV KKN Kebangsaan Belajar Membatik di Bumi Jambi

  • Whatsapp
Peserta KKN Kebangsaan Provinsi 2021 Posko XV belajar membatik dengan Fitri Mandiri Di Sido Mukti Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Minggu (01/08/2021)

JAMBI-Banyak orang beranggapan bahwa Seni Batik dikenal luas sebagai kain tradisional yang khas dari Pulau Jawa. Kenyataannya, batik adalah budaya nusantara karena menyebar dari Sumatra hingga Papua. Beragam jenis dan motif batik tersebar dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Termasuk di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi yang memiliki ciri khas sendiri dalam seni batik.

Hal itu didapati saat Kedatangan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Provinsi Jambi 2021 Posko XV yang diikuti 390 orang mahasiswa yang berasal dari 46 Perguruan Tinggi Negeri. Mereka disambut baik oleh pengrajin batik Fitri Mandiri yang berada di Desa Sido Mukti Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Minggu (01/08/2021)

Baca Juga :  Bupati Masnah Hadiri Paripurna Penandatanganan Perda Perubahan APBD 2021

Fitri Mandiri memperkenalkan ciri khas batik Tanjabtim sekaligus memberikan kesempatan kepada peserta KKN untuk belajar membatik.
Pak Sisran sang pemilik Fitri Mandiri menjelaskan beberapa motif batik khas tanjabtim yaitu perahu

layar, bunga pedada, nibung/pakis, khas dendang pinang belah, kopi, bunga senduduk dan nanas belah. Usaha keluarga yang memiliki 5 karyawan ini dibantu oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Tanjabtim dalam hal pemasaran di wilayah lokal dan melalui pameran untuk keluar wilayah.
“kami juga menggunakan media sosial seperti instagram, fb, wa untuk pemasaran” tandasnya.

Registian Ketua Posko XV KKN Kebangsaan 2021 mengaku senang karena dapat diberikan kesempatan untuk belajar membatik secara langsung. Mereka belajar membatik dengan teknik cetak, bebas memilih motif dan bentuknya sesuai kesukaan masing-masing.
“kami sangat senang bisa membatik di sini pengalaman baru bagi kami, dapat ilmu baru terimakasih Fitri Mandiri sudah memberikan kesempatan dan menyambut kami dengan sangat baik.” tuturnya. (sela)

Facebook Comments