Posal Penuba dan Basarnas Lingga Bantu Evakuasi Korban Kebakaran Kapal Speed BNPB

  • Whatsapp
Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Penuba Lana Dabo Singkep bersama Polair Polres Lingga dan Basarnas Kabupaten Lingga berhasil membantu evakuasi korban kebakaran kapal speed BNPB. Foto: Ist

DABO SINGKEP – Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Penuba Lana Dabo Singkep bersama Polair Polres Lingga dan Basarnas Kabupaten Lingga berhasil membantu evakuasi korban kebakaran kapal speed BNPB di perairan Pulon Tanjung Datuk pada koordinat 00°13.626 S – 104°22.515 E Selayar Lingga Kepulauan Riau, Rabu pagi (19/5/2021).

Speed BNPB Kabupaten Lingga sebelumnya dari Batam setelah membawa pasien dari RSUD Dabo Singkep untuk dirujuk ke Rumah Sakit Kota Batam.

Dalam perjalanan dari Batam ke Dabo Singkep, kira-kira saat berada di perairan Pulon kearah Tanjung Datuk tepatnya pada kordinat 00°13.626 S – 104°22.515 E, tiba-tiba mesin mengalami konsleting listrik kabel dari accu sehingga menimbulkan kebakaran, namun api tidak dapat dipadamkan, kemudian ABK kapal meminta tolong kepada masyrakat nelayan setempat.

Baca Juga :  Tekan Penyebaran Covid-19, Aparat Gabungan Operasi Yustisi di Pasar Barabai

Menurut saksi Roni (40 tahun) Nelayan Kampung Tanjung Dua Desa Selayar mengatakan “Sekitar jam 07.30, saya melihat ada kepulan asap hitam didepan Kampung Tanjung Dua, karena rasa ingin tahu ada apa yang terjadi, lalu saya mendekati ke sumber asap tersebut, setelah mendekat ke sumber asap ternyata ada kebakaran kapal speed BNPB,” tuturnya.

Atas informasi Roni yang meminta bantu masyarakat Nelayan setempat dan Posal Penuba, sehingga berhasil memadamkan api selam dua jam dengan alat bantu seadanya, kemudian personel Posal Penuba bersama Polair dan Basarnas setempat berhasil membantu evakuasi korban penumpang sebanyak 5 orang yaitu 1 orang Nakoda Kapal, 2 orang ABK, 1 orang Bidan dan 1 orang Perawat RSUD Dabo Singkep.

Baca Juga :  Warga Desa Suato Baru Senang Musholla Direhab oleh Satgas TMMD Tapin

Terhadap korban yang telah diselamatkan selanjutnya dibawa ke RS Ncik Maryam Daek Lingga untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, kemudian terhadap bangkai kapal tersebut ditarik kedarat ke depan Dermaga Kampung Tanjung Dua untuk diamankan sementara.

Facebook Comments