Pondasi Jebol Jembatan Way Semangka Membahayakan

  • Whatsapp

LAMPUNG BARAT – Timbunan tanah di sisi pondasi jembatan Way Semangka, yang menghubungkan Pekon Suoh dengan Pekon Gunung Ratu, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat, habis. Diperkirakan, habisnya tanah itu akibat jebolnya pondasi hingga terikis air.

Seorang warga Pekon Gunung Ratu, Supri, mengakui habisnya tanah timbunan membentuk lobang besar di sisi kanan jembatan hingga amblas, karena pondasinya rusak.
“Kedalaman lobang sekitar enam meter,” kata dia, Senin (18/11/2019).

Menurut Peratin Pekon Suoh, Najori, timbunan itu bukan menggunakan tanah atau pasir, tetapi hanya krokos. “Jika lubang tersebut tidak secepatnya mendapat perhatian pihak pemkab, maka lubang itu akan semakin parah,” ujarnya, seperti dilansir Saibumi.com.

Baca Juga :  Berikan Pengecoran Premium, Diskoperindag Pesibar Surati SPBU Pekon Lintik

Yang dikhawatirkan, jembatan itu juga bisa ikut rusak, karena yang melintas cukup padat. Bahkan ada kendaraan besar seperti truk bermuatan berat.

Jembatan tersebut dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lambar pada 2014. Di badan jembatan juga sudah terlihat retak.
“Yang kami takutkan, badan jembatan juga sudah terlihat ada yang retak. Bahkan panjang retak badan jembatan mencapai empat meter. Kami takut jembatan itu roboh jika tidak secepatnya ditanggulangi,” kata Najori. (*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.