Polsek Pulau Panggung Amankan Tiga Pelaku Curat

  • Whatsapp

TANGGAMUS – Tiga remaja berinisial HS (14), AS (14) dan SA (14) diamankan Polsek Pulau Panggung, Polres Tanggamus. Ketiga remaja warga Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus itu teridentifikasi sebagai pelaku pencurian dengan pemberatan (curat). Dari tangan ketiga pelaku, diamankan barang bukti 1 unit ponsel Xiaomi Redmi Note 4 warna hitam milik korbannya M. Seli (50) yang juga beralamat di Ulu Belu.

Kapolsek Pulau Panggung Polres Tanggamus Iptu Ramon Zamora, mengatakan, ketiga pelaku diamankan berdasarkan laporan M. Seli, pada 9 November 2019. “Berdasarkan penyelidikan itu, ketiga pelaku berhasil diidentifikasi dan diamankan pada Jumat (22 November 2019) pukul 13.00 WIB,” kata Iptu Ramon Zamora mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Minggu (24/11/2019).

Baca Juga :  Sekda Tubaba Buka Rapat Pembahasan Draft Keputusan Bupati

Menurut Iptu Ramon, ketiga remaja itu melakukan curat di rumah korban pada Jumat, 8 November 2019 pukul 23.00 WIB dengan cara menjebol pintu papan dan masuk ke rumah korban. “Sehingga, keesokan harinya korban melapor ke Polsek Pulau Panggung sebab mengalami kerugian Rp2,2 juta,” katanya, seperti dilansir Saibumi.com.

Lanjutnya, dari tiga pelaku, dua di antaranya sebelumnya juga pernah melakukan pencurian, namun saat itu telah dikembalikan kepada keluarganya. “Sehingga untuk mencegah mereka kembali sementara ketiga pelaku diamankan menunggu pendampingan Bapas,” ujarnya.

Disinggung hasil pencurian digunakan untuk apa oleh pelaku, Iptu Ramon mengatakan, berdasarkan keterangan para pelaku, bahwa ponse tersebut akan dipakai sendiri. “Menurut mereka akan dipakai sendiri, barang bukti juga masih dikuasai meraka. Dengan terlebih dahulu di-flash untuk menghilangkan data handphone,” terangnya.

Baca Juga :  Korban Pencabulan Bertambah, Oknum Kakam Edi Marjoko Dilaporkan ke Polda Lampung

Saat ini, mereka telah dititipkan di Rutan Polres Tanggamus yang memiliki tahanan anak, atas perbuatannya para pelaku dapat dipersangkakan pasal 363 ayat (2) KUHPidana. “Ancaman maksimal 7 tahun, namun terhadap mereka penyidikannya akan didampingi Bapas sesuai UU Peradilan Anak,” tandasnya. (*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.