Polres Pemalang Peduli Lingkungan, Tanam Rumput Vetiver di Desa Cawet

Pemalang–Rumput vetiver merupakan sejenis rumput-rumputan berukuran besar dan memiliki banyak keistimewaan. Tanaman ini di Indonesia dikenal dengan nama akar wangi, dapat tumbuh diberbagai bentuk kondisi tanah; areal perbukitan, dataran rendah, daerah rawa dan bahkan pada areal bekas tambang. Selanjutnya tanaman ini tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 1,5 hingga 2,5 meter serta dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan rendah maupun daerah yang curah hujan cukup tinggi

Akar rumput vetiver berbentuk serabut dan jauh masuk kedalam tanah setelah tumbuh seperti akarnya dapat mencapai hingga kedalaman 2 meter lebih.Jika ditanam di lereng-lereng keras dan berbatu, ujung-ujung akar vetiver mampu masuk menembus dan menjadi semacam jangkar yang kuat mencengkram tanah akar-akar ini mampu menahan partikel-partikel tanah sehingga dapat mencegah erosi. Batangnya kaku dan keras, tahan terhadap aliran air. Jika ditanam rapat atau berdekatan, akan membentuk pagar dan mampu mengurangi kecepatan aliran air dan menahan matrial sediment. Tumbuhan ini tidak menghasilkan bunga dan biji-bijian namun dapat tumbuh menyebar seperti alang-alang atau rerumputan lainnya.

Baca Juga :  Pipa Bocor di Silarang, Perumda Air Minum Tirta Mula Minta Maaf

Maka dari itu Polres Pemalang peduli lingkungan di Desa Cawet Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, mengadakan penananaman dan memilih rumput jenis vertiver untuk di tanam guna mencegah longsor dan hutan gundul, jumat (13/03/2020).

Penanaman rumput Vertiver ini merupakan implementasi instruksi presiden untuk dilaksanakan di tiap Kabupaten bahkan Desa seluruh Indonesia yang rawan bencana longsor.

Bupati Pemalang Dr H Junaedi SH.MM ,Dandim 0711pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan S.Ip M.Han dan Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu,S.I.K.,M.H juga mengatakan hal senada bahwa penanaman rumput Vertiver ini sangat baik karena mampu mengikat tanah dan mencegah longsor.

Untuk mensukseskan apa yang di canangkan bapak presiden saat para bupati ,kapolres dan Dandim di kumpulkan di Bogor menanam rumput vertiver untuk mencegah longsor hari ini kita laksanakan perintah beliau dan hari ini adalah yang ke 2 setelah beberapa waktu yang lalu di kecamatan moga kita adakan penanaman dan hari ini kita adakan penanaman di kecamatan Watukumpul karena kecamatan watumumpul merupakan salah satu Zona merah bencana dikabupaten Pemalang, yaitu potensi tanah longsor karena tanahnya yang bebatuan dan labil sehingga mudah terjadi longsor di musim penghujan,,maka dari itu kita adakan penanam ini di desa Cawet,dan saya berpesan jaga dan rawatlah dan saya berharap kepada masyarakat kegiyatan hari ini menularkan kepada masyarakat lainya agar peduli lingkungn sehinga alam bisa menjaga kita, ungkap kapolres

Baca Juga :  DPC AWPI Jakarta Selatan Dan Jakarta Timur Segera Terbentuk

Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan S.Ip M.Han juga menyampaikan setuju dan mendukung gerakan penanaman rumput Vertiver ini sebagai pencegah longsor. Ketika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita…tandasnya

Acara penanman ini di hadiri oleh Forkompimdan, kepala desa se kecamatan watukumpul, berbagai elemen masyarakat dan ormas serta pejabat lainya.(triz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.