Polres Gunungkidul Berhasil Amankan 2 Kelompok Curanmor

  • Whatsapp

Gunungkidul – Jajaran Polres Gunungkidul mengadakan konferensi pers mengenai curanmor di depan kantor polres kabupaten Gunungkidul. Dalam jumpa pers tersebut Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan S.I.K memberikan keterangan tentang penangkapan dua kelompok curanmor yang selama ini beroperasi di wilayah Gunungkidul. 4 pelaku dari 2 kelompok berhasil diamankan, dihadirkan dalam jumpa pers beserta barang buktinya.

Kelompok pertama yang sering beroperasi didaerah selatan dan barat wilayah Gunungkidul terendus polsek purwosari setelah melakukan pencurian sepeda motor. Unit Reskrim Polsek Purwosari melakukan penyelidikan keberadaan unit tersebut dilakukan antara lain dengan melaksanakan pengecekan CCTV. Atas kejadian Curanmor tersebut Polsek Purwosari melaksanakan penyelidikan yang intensif dan kemudian mendapatkan informasi yang akurat terkait pelaku berinisial S, laki-laki, 51 Th, Islam, Tani, Tanjungsari, Gunungkidul. M, laki-laki, 51 Th, Islam, Tani, Piyungan, Bantul.

Pada hari Kamis tanggal 20 Mei 2021 sekira pukul 00.30 pelaku berhasil ditangkap S di kontrakannya yang berada di daerah Banguntapan, Bantul, dan dari yang bersangkutan muncul nama pelaku lain yaitu M, kemudian team menuju rumah M dan berhasil menangkapnya di Piyungan, Bantul. Selanjutnya mereka dibawa ke Polsek Purwosari guna proses penyidikan lebih lanjut. Selanjutnya dilakukan pengembangan dan pengambilan barang bukti sepeda motor.

barang bukti yang berhasil diamankan :

1 unit yamaha jupiter z nopol terpasang ab 3752 t, tkp : purwosari,1 unit yamaha jupiter z nopol terpasang kb 5533 s, tkp : gesing, panggang, gnk 1 unit jupiter z nopol terpasang ab 6254 gl, tkp : planjan, saptosari, 1 unit honda vario 110 nopol terpasang ab 2245 zg, tkp : hutan wanagama, playen,1 unit honda beat nopol terpasang ab 6890 sh, tkp: dlingo, bantul. 1 unit yamaha nmax nopol terpasang ab 5282 qh, sarana kejahatan 1 unit suzuki next nopol terpasang bk 4564 li, sarana kejahatan 1 rangka jupiter z, tkp playen.

Kelompok kedua yang beroperasi di daerah timur Gunungkidul, berinisial YP dan DAS warga wonosari adalah residivis yang baru saja keluar satu minggu ditangkap oleh Unit Reskrim Polsek Karangmojo berserta Resmob Polres Gunungkidul . instansi tersebut melakukan penyelidikan terjadinya tindak Pidana Pencurian Motor. Pada hari Rabu tanggal 05 Mei 2021 sekira pukul 18.30 Wib pada saat masih dirumah korban mengetahui bahwa seseorang yang dicurigai oleh Saksi datang kerumahnya, kemudian anggota Reskrim Polsek Karangmojo mendatangi seseorang tersebut dan pada saat diintrograsi mengaku bernama YP, kemudian pada saat diintrograsi saudara YP ada gelagat mencurigakan dan selanjutnya saudara YP dibawa ke polsek Karangmojo untuk dimintai keterangan.

Pada saat dimintai keterangan saudara YP mengakui mengetahui sehubungan pencurian sepeda motor tersebut yang sudah direncanakan bersama dengan temanya yang bersama saudara DAS. Pada hari Kamis tanggal 06 Mei 2021 sekira pukul 17.00 Wib, anggota Reskrim Polsek karangmojo dan juga anggota Resmob Polres Gunungkidul melakukan pengejaran terhadap saudara DAS. Anggota berhasil mengamankan saudara DAS berserta sepeda montor hasil curian di daerah Klaten, Jawa Tengah. Selanjutnya mereka dibawa ke Polsek Karangmojo guna proses penyidikan lebih lanjut. Barang bukti yang berhasil disita satu unit sepeda motor merk Honda, Type AT11121B01A/T, Tahun 2015, Nomor rangka MH1JFH116FK495370, Nomor mesin JFH1E1493894, Warna Hitam Nopol AB5212-DM, atas nama ARINAL NURUL KISTI Alamat Dsn. Kenteng Rt 004/009, Kalurahan Wiladeg, Kapanewon Karangmojo, Kab. Gunungkidul.

Semua pelaku dikenakan pasal 363 Ayat 1 ke-3 dan ke-4 KUHP Pidana tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman paling lama 7 (tujuh) tahun penjara.

Kapolres Gunungkidul menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dalam memarkirkan sepeda motornya dan lebih berhati- hati tutupnya kepada wartawan. Mungkas.

Facebook Comments