Pokja Wash Metro Timur Gelar Diskusi Penyusunan Indikator Pelayanan Air, Sanitasi dan Kebersihan di Puskesmas

  • Whatsapp
Pokja Wash Metro Timur Gelar Diskusi Penyusunan Indikator Pelayanan Air, Sanitasi dan Kebersihan di Puskesmas

Metro — Pokja Wash Metro Timur mengadakan Diskusi tentang Penyusunan Indikator Pelayanan Air, Sanitasi dan Kebersihan di Puskesmas berlangsung pukul 10.00 WIB bertempat di lantai II Aula Puskesmas Iring Mulyo, Senin (15/11/2021).

Diskusi tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas pemahaman bersama tentang WASH in HCF. Diawali oleh Desy Eva Rohmawati,S.Km Kasi Kesling dan Kesjaor Dinas Kesehatan Kota Metro sebagai pemantik menyampaikan materi program Wash in HCF di Fasyankes.

“Tugas dari Pokja Wash ini meningkatkan Fasilitas pelayanan kesehatan, diketahui fasilitas kesehatan dipuskesmas sudah memiliki toilet namun masih belum memenuhi standar pemenuhan dasar, seperti toilet terpisah antara staf dan pasien atau tidak ada pemisahan antara laki-laki dan perempuan, serta belum ada toilet untuk disabilitas, melalui Pokja Wash ini harapannya dapat meningkatkan kapasitas dan kesadaran masyarakat (pasien, keluarga pasien) dan tenaga kesehatan tentang Wash di Puskesmas,” jelasnya.

Desy Eva Rohmawati,S.Km Kasi Kesling dan Kesjaor Dinas Kesehatan Kota Metro sebagai pemantik menyampaikan materi program Wash in HCF.

Baca Juga :  Wali Kota Wahdi dan Wakil Hadiri Dirgahayu ke-22 DWP

Sementara itu, Yulian Pokja Wash dalam pemaparannya menyampaikan, terimakasih kepada rekan-rekan anggota Pokja Metro Timur dan perwakilan Dinas kesehatan yang hadir pada diskusi hari ini.

“Terimakasih kepada rekan-rekan anggota Pokja Wash Metro Timur dan Dinas kesehatan yang hadir dalam diskusi Penyusunan Indikator Pelayanan Air, Sanitasi dan Kebersihan hari ini,” ucapnya.

Masih dikatakan Yulian, Pokja Wash mempunyai inovasi menggunakan mekanisme akuntabilitas sosial pelayanan di Puskesmas.

Pokja Wash Iringmulyo Diskusi Penyusunan Indikator Pelayanan Air, Sanitasi dan Kebersihan

“Tujuan diadakan Diskusi pada hari ini dalam rangka peningkatan kapasitas dan kesadaran pasien, keluarga pasien dan warga ditingkat kecamatan tentang pentingnya Wash di Puskesmas, Sehingga terpicu untuk meningkatkan pengetahuan perilaku dan praktik baik Wash di Puskesmas,” ucapnya.

Dikatakan Timtek Wali Kota, Yulian, dalam acara Diskusi Wash in HCF, Ia menyampaikan, yaitu untuk mewujudkan sanitasi dan kebersihan khususnya dipelayanan Kesehatan Puskesmas Metro Timur Kota Metro.

“Mari kita bersama untuk berkolaborasi dalam rangka meningkatkan pemahaman bersama tentang WASH in HCF demi terwujudnya kesehatan masyarakat, sesuai visi misi kota Metro sebagai Kota Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemkot Metro Gelar Rakor Penetapan Kebijakan Pemberlakuan Nataru

Lebih lanjut, Yulian menuturkan keberadaan Pokja memiliki tugas melakukan koordinasi internal dan eksternal.

“Pokja mempunyai tugas umum, membantu Puskesmas melakukan peningkatan fasilitas dan layanan publik sektor wash, menjadi agen perubahan perilaku kesmas di kecamatan Metro Timur dan melakukan audit akuntabilitas sosial mengetahui grafik terhadap indikator Wash,” ungkapnya.

Pokja Wash Iringmulyo meninjau sarana sanitasi puskesmas Iringmulyo.

Masih dikatakan Yulian, Tugas Pokja yaitu terkait peningkatan akses Wash.

“Pokja memiliki tugas berkaitan dengan akses terhadap kelompok rentan, tugas advokasi terhadap pemerintah, promosi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan memiliki program khusus yaitu Bank sampah,” tuturnya.

Sementara itu, Fasilitator Wash, Ahmad Haryono mengungkapkan, Adanya terobosan dan inovasi mulai dari anggota Pokja itu sendiri dalam hal perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) Pokja menjadi pribadi yang mempromosikan hal baik, lakukan hal kecil dan berdampak baik bagi sektor kesehatan untuk masyarakat.

Baca Juga :  Pemkot Metro Gelar Rakor Penetapan Kebijakan Pemberlakuan Nataru

“Dalam diskusi ini menjadi program prioritas utama yang bisa dibangun dalam fasilitas pelayanan kesehatan yang mempunyai dampak indikator baik di kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur,” ungkapnya.

Harapan dari Puskesmas Iringmulyo Metro Timur melalui Kepala Tata Usaha Erniti, Ia mengharapkan perhatian dan kepeduliannya tentang sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat melalui Pokja Wash ini bisa menjadi fasilitator nya.

“Diketahui, Puskesmas Iringmulyo apabila hujan deras, air menggenang dikarenakan alur air tidak keluar dari halaman dan ini menjadi kendala apabila dalam memberikan pelayanan kepada pasien terkendala genangan air tersebut, terimakasih atas diskusi untuk kebaikan kita bersama wujudkan masyarakat yang sehat,” jelasnya.

Diskusi Pokja Wash Iringmulyo tersebut dihadiri Desy Eva Rohmawati,S.Km Kasi Kesling dan Kesjaor Dinkes Kota Metro, Kepala Tata Usaha Erniti Sari Puskesmas Metro Timur, Fasilitator Wash, Ahmad Haryono, Timtek Wali Kota Metro Yulian dan anggota Pokja Wash Iringmulyo Metro Timur.(Rls/Dh)

Pos terkait