PKBM UIN Raden Intan Gelar Penyusunan Kurikulum Moderasi Beragama

  • Whatsapp
Pusat Kajian Moderasi Beragama (PKMB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung menggelar Penyusunan Kurikulum dan Sekolah Moderasi Beragama. Foto: Ist

Bandarlampung – Pusat Kajian Moderasi Beragama (PKMB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung menggelar Penyusunan Kurikulum dan Sekolah Moderasi Beragama di Aula LP2M UIN Raden Intan Lampung. Kamis (27/05/2021)

Kegiatan yang akan berlangsung mulai tanggal 27-28 Mei 2021 tersebut dimoderatori langsung oleh Ketua PKMB UIN Raden Intan Lampung Riski Gunawan, M. Pd dengan menghadirkan Narasumber yang mumpuni dibidangnya yaitu Zacky Khairul Umam, M.A (Wakil Kepala Lembaga Abdurrahman Wahid Center For Peace and Humanities Universitas Indonesia (AWCPHUI)) dan Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag (Ketua Umum Forum Moderasi Beragama Seluruh Indonesia).

Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag memaparkan tentang penguatan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi. Kemudian Zacky Khairul Umam, M.A menjelaskan tentang Moderasi Islam dan Alkuturasi Budaya, Revitalisasi Kemajuan Peradaban Islam Nusantara. Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua LP2M UIN Raden Intan Lampung melalui sekretaris LP2M UIN Raden Intan Lampung Dr. H. Ali Abdul Wakhid, S.Ag M.Si.

Ia mengungkapkan Moderasi beragama adalah salah satu misi Kementerian Agama yang harus diwujudkan, oleh karena itu kementerian Agama mendorong lembaga pendidikan untuk ikut berperan dengan Perguruan Tinggi Keagaaman Islam Negeri (PTKIN) wajib mendirikan rumah Moderasi Beragama. “Bahkan moderasi beragama saat ini Model rencana pembangunan jangka menengah, juga sebagai salah satu progam prioritas yang harus diwujudkan” Tandasnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan Erik Rahman Gumiri M.H mengatakan Peserta Kegiatan dibatasi hanya 32 orang dari berbagai unsur. “Peserta kami batasi hanya 32 karena situasi pandemi Covid-19 untuk tetap menerapkan protokol, Terdiri dari perwakilan dosen, kemenag kanwil Provinsi Lampung,kesbangpol Provinsi Lampung, FKUB Provinsi Lampung dan lainnya” Katanya. (Sela)

Facebook Comments