Pilkati Serentak Tubaba Jadi Ajang Demokrasi Paling Akbar Tahun Ini

  • Whatsapp
Bupati TulangBawang Barat Umar Ahmad membuka acara Sosialisasi Tahapan Pemilihan Kepalo Tiyuh Serentak di Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2021. FOto: Ist

PEMILIHAN Kepala Kampung (Tiyuh) Serentak paling akbar di Lampung akan digelar di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), 26 Oktober nanti.

Warga Tubaba menyebutnya sebagai Pilkati. Ini adalah pemilihan pemimpin desa serentak paling akhir tahun ini.

Disebut sebagai Pilkati Serentak paling akbar karena melibatkan 69 desa yang artinya lebih dari 70 persen masyarakat Tubaba pada hari itu akan memberikan suaranya untuk menentukan pemimpin tiyuhnya.

Itu sebabnya Pemerintah Kabupaten Tulangbawang memberikan perhatian penuh agenda Pilkati Serentak di daerah itu.

Sejumlah agenda persiapan telah disusun demi memastikan pelaksanaan Pilkati berjalan sukses.
Kemarin, Pemkab setempat baru saja menggelar sosialisasi tahapannya di Sesat Agung Kompleks Islamic Center Tubaba.

Acara sosialisasi itu dihadiri langsung oleh Bupati Umar Ahmad. Hadir juga Wakil Ketua II DPRD, para asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian, Kepala Badan, perwakilan TNI-Polri, Camat, serta Kepala Tiyuh dan BPT.

Di sana, Bupati Umar Ahmad, mulai mencoba “memanaskan” mesin pesta demokrasi yang proses tahapannya segera dimulai.

Baca Juga :  PT HIM Diminta Majelis Hakim Menjawab Gugatan Lima Keturunan Bandardewa di PTUN Kamis Depan

Umar menyebutkan bahwa Pilkati tahun ini di daerahnya akan menjadi Pemilu paling bergairah, sebab akan diikuti banyak bakal calon.

Fenomena itu, membuktikan banyak warga yang ingin menjadi pemimpin di desa. Untuk itu perlu mengedukasi masyarakat agar lebih pintar memilih.

“Tentu ini akan menjadi perhatian kami. Kita berupaya mengedukasi masyarakat agar siapa pun yang terpilih nanti betul-betul figur yang memiliki keinginan kerja tulus dan ikhlas, bukan calon yang hanya ingin memimpin karena tergoda Dana Desa (DD) dari pusat dan alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemkab,” jelasnya.

Menurutnya, pemilihan yang dilakukan secara serentak tahun ini akan berdampak luar biasa. Oleh karenanya, besar harapan akan muncul orang-orang terbaik yang akan memimpin, sehingga pengelolaan Pemerintahan menjadi semakin baik.

“Pilkati pada tahun ini adalah Pilkati terakhir dalam kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Tubaba periode 2017-2022, sehingga diharapkan dalam pelaksanaan Pilkati kali ini akan dapat berjalan dengan aman, damai, tertib, dan lancar, serta menjadi percontohan dalam pelaksanaan pesta demokrasi kedepannya,” tuturnya.

Baca Juga :  Kasrem 043/Gatam Dampingi Tim Wasev Tinjau Pelaksanaan TMMD ke-112 Kodim 0426/Tulang Bawang

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT), Sofiyan Nur mengatakan, bahwa mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka dalam Pilkati 26 Oktober nanti tetaplah harus memperhatikanprotokol kesehatan (Prokes).

“Mengacu pada UU nomor 6 tahun 2014, yang mana tahapan kepala Tiyuh dilakukan 6 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Kepala Tiyuh, maka melalui kegiatan ini pula diharapkan segala persiapan pada pesta demokrasi Tiyuh tahun ini dapat benar-benar dipersiapkan secara matang,” ungkapnya.

Diketahui, adapun 69 Tiyuh yang akan mengikuti Pilkati tersebut yakni, Kecamatan Tumijajar 4 Tiyuh (Margo Mulyo, Gunung Timbul, Murni Jaya, Margodadi). Kecamatan Tulangbawang Tengah 11 Tiyuh (Penumangan, Tirta Kencana, Candra Kencana, Wonokerto, Tirta Makmur, Candra Mukti, Candra Jaya, Panaragan Jaya Indah, Panaragan Jaya Utama, Mulya Jaya, Tunas Asri).

Kemudian, untuk Kecamatan Tulangbawang Udik 8 Tiyuh (Karta, Karta Sari, Karta Raharja, Gunung Katun Malai, Gedung Ratu, Marga Kencana, Waysido, Kagungan Ratu). Kecamatan Pagar Dewa 6 Tiyuh (Pagar Dewa Suka Mulya, Pagar Dewa, Cahyo Randu, Bojong Dewa, Bujung Sari Marga, Marga Jaya Indah).

Baca Juga :  Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL Lanal Lampung Berhasil Vaksin 2.044 Warga Lampung

Kecamatan Lambu Kibang 8 Tiyuh (Kibang Bumi Jaya, Sumber Rejo, Kibang Tri Jaya, Mekarsari Jaya, Lesung Bakti Jaya, Gilang Tunggal Makarta, Kibang Mulya Jaya, Kibang Yekti Jaya). Kecamatan Gunung Agung 11 Tiyuh (Tunas Jaya, Sukajaya, Marga Jaya, Mulya Jaya, Mekar Jaya, Tri Tunggal Jaya, Sumber Rejeki, Dwi Kora Jaya, Wonorejo, Mulya Sari, Sumber Jaya).

Selain itu, Kecamatan Gunung Terang 9 Tiyuh (Gunung Terang, Gunung Agung, Toto Mulyo, Terang Mulya, Kagungan Jaya, Terang Bumi Agung, Setia Agung, Mulya Jadi, Terang Makmur). Kecamatan Way Kenanga 7 Tiyuh (Balam Jaya, Agung Jaya, Pagar Buana, Mercu Buana, Indraloka Mukti, Indraloka Jaya, Balam Sari). Dan terakhir Kecamatan Batu Putih 5 Tiyuh (Panca Marga, Sido Makmur, Margo Dadi, Mulyo Sari, Toto Makmur. Imbuhnya (Aldo/Edsn)

Facebook Comments