Pesisir Barat Raih Penghargaan Predikat Tingkat Pratama KLA Tahun 2021

  • Whatsapp
Kadis PPPA Pesibar Dampingi Wakil Bupati Dalam Acara Pemberian Penghargaan KLA Tahun 2021, Pada Kamis 29 Juli 2021. ist

Pesisir Barat – Kabupaten Pesisir Barat meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021. Predikat Tingkat Pratama tersebut diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).
Penghargaan tersebut disampaikan secara Virtual Meeting, diikuti Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, diruang Batu Gughi Setdakab, Pesisir Barat, Kamis (29/07/21).

Turut mendampingi Wakil Bupati, Kepala Dinas PPPA Pesisir Barat Nurkemala, Kepala Bappeda Zukri Amin, Kepala Dinas Kesehatan Tedi Zadmiko, Plt.Kadis Kominfo Miswandi Hasan, Plt. Kadis Pendidikan Sudibyo, dan Perwakilan OPD lainya, serta Perwakilan Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutannya, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Puspa Darmawati Puspayoga menyampaikan bahwa masih dapat melakukan kegiatan Penghargaan KLA meskipun dalam situasi pandemi covid-19. Dia mengajak kepada pihak yang hadir untuk selalu patuh prokes, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

Baca Juga :  Resmi jadi Ketua DPD AWPI Lampung, Refky Akan Jadikan AWPI Organisasi yang Kompeten

Selain itu, dengan menyegarkan diri dan menjaga lingkungan, khusunya bagi yang berusia 12 tahun keatas untuk mendapatkannya, dalam rangka mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualiatas dan berdaya saing, segagaimana telah ditargetkan dalam RPJMM 2024 harus menyatukan untuk memenuhi dan melindungi hak-hak anak kita, jelas Menteri.

Apalagi jumlah anak mengisi sepertiga dari jumlah populasi Indonesia, lebih dari itu, pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak juga merupakan amanat dari konstitusi Undang-Undang Dasar Negara RI kontensi hak anak yang sudah disahkan oleh Indonesia serta Undang-Undang perlindungan anak.

Secara umum anak mempunyai 4 hak dasar antara lain :
1. Hak untuk hidup.
2. Hak untuk tumbuh dan berkembang.
3. Hak untuk mendapatkan perlindungan.
4. serta Hak untuk berpartisipasi.

Baca Juga :  Eva Dwiana Tinjau PTM Hari Pertama

Sebagaimana yang telah diketahui bersama isu-isu yang melingkupi anak sangat komplek dan multiseptoral sehingga komitmen lintas sektor menjadi esensial bahkan menjadi syarat terpenuhi hak dan perlindungan khusus anak.

“Anak juga hidup di sebuah sistem yang tidak dapat dilepaskan darinya bagi keluarga, sekolah hingga masyarakat, dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang harus terintegrasi dengan seluruh sistem yang melingkupi anak,” ujarnya.

Untuk itu dibentuklah Kabupaten/Kota Layak anak (KLA), Kabupaten Kota Layak Anak merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya Pemerintah masyarakat, media, dan dunia usaha yang terencana menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan program dan kegiatan yang ditentukan untuk menjamin hak dan perlindungan anak.

Baca Juga :  Eva Dwiana Tinjau Vaksinasi Di SD Negeri Panjang

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Zulqoini berharap dengan diraihnya penghargaan Kabupaten Pesisir Barat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama ini, nantinya kegiatan yang terkait harus lebih diintensifkan.

“Kedepannya akan menjadi penyemangat bagi Kabupaten Pesisir Barat sebagai Kabupaten layak Anak tingkat Madya serta terus memperhatikan kondisi anak kita di Kabupaten Pesisir Barat,” ujarnya. (*)

Facebook Comments