Pengukuhan Jaga Warga Kalurahan Banjarejo Kapanewon Tanjungsari

Gunungkidul – Pengukuhan kelompok jaga warga di kelurahan Banjarejo kapanewon Tanjungsari dihadiri oleh Bupati Gunungkidul H.Sunaryanta, Kepala Satuan polisi pamong praja kabupaten Gunungkidul beserta stafnya di saksikan oleh jajaran forum komunikasi pimpinan se tanjungsari lurah banjarejo pamong kelurahan dan kelompok masyarakat banjarjo lainnya do lapangan Keruk 3 Banjarejo Tanjungsari, Senin (25/07/2022).

Saat ditemui wartawan setelah kegiatan tersebut Lurah Banjarejo Dwi Hariyanto memberikan keterangan bahwa kegiatan pada pengukuhan kelompok jaga warga di kalurahan Banjarejo terdiri dari 520 orang terbagi menjadi beberapa kelompok yang tersebar di 21 padukuhan di wilayah kalurahan Banjarejo. Kelompok Jaga warga tersebut dibentuk dan dikukuhkan bermaksud membantu pekerjaan dukuh dan menjalankan tugasnya menjaga ketentraman lingkungan masing-masing padukuhan.

Baca Juga :  Profesor Alumni UGM Laka Laut di Pantai Pulangsawal

“Dengan terbentuknya kelompok jaga warga kami berharap dengan masyarakat Banjarejo slalu adem ayem tentrem atau tidak ada permasalahan, ya bisa dibilang kalau ada permasalahan bisa diselesaikan di lingkungannya masing-masing,” pungkasnya.

Selanjutnya Kasatpolpp Gunungkidul Edi Basuki, S.I.P, M.Si mempertegas dalam keterangannya bahwa telah kita ketahui bersama bahwa hari ini di Banjarejo telah dikukuhkan kelompok jaga warga dari 21 padukuhan yang ada di sini dan langsung dikukuhkan oleh bupati sendiri sesuai dengan amanatnya bagaimana agar kelompok jaga warga ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya membantu bapak atau ibu dukuh yang ada di wilayah masing-masing sehingga masalah baik sosial dan ketentraman serta ketertiban umum juga tak kalah penting bawa disini tentunya bagaimana agar kesejahteraan masyarakat juga menjadi bagian yang bisa diusulkan oleh kelompok jaga warga ini.

Baca Juga :  Bupati Gunungkidul Buka Rapat Umum Anggota AB2TI

Jaga warga merupakan amanah dari peraturan gubernur artinya dana keistimewaan ini merupakan dana yang kita terima dari Perintah DIY untuk tahun ini ada 283 juta untuk pembentukan dan juga pengukuhan kelompok jaga warga sebanyak 35 kelompok di kabupaten Gunungkidul .

Kemudian selain jaga warga membantu dukuh yang ada di wilayah masing-masing dan terutama terkait dengan masalah-masalah aspek sosial yang dihadapi oleh masyarakat. Kita ketahui bersama bahwa kemarin ketika ada pandemi covid 19 masyarakat banyak sekali terjadi masalah sosial tentunya juga menjadi bagian dari tugas kelompok jaga warga ini bisa membantu untuk dalam kegiatan-kegiatan tersebut arti membantu kehidupan dalam segala aspek dalam masalah-masalah sosial terutama keamanan dan ketertiban umum. Kelembagaan jaga warga sebagai mitra dukuh dimana disetiap padukuhan ada 1 kelompok jaga warga sesuai dengan aturan kelembagaan secara umum yang biasa kita lakukan ada kepengurusannya ketua,sekretaris ,bendahara dan seksi-seksi yang ada. (Mungkas M)

Baca Juga :  Polda DIY Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67

Pos terkait