Pengelola Bujet Bertanggungjawab di Mata Hukum

  • Whatsapp
{"uid":"B544990C-7C98-462C-AF74-22FF6AC94B67_1602655090371","source":"other","origin":"gallery"}

KRUI- Pjs. Bupati Pesisir Barat, Achmat Chrisna Putra, mengatakan, pengelola anggaran (bujet) secara umum berkonsekuensi atau pertanggungjawaban di mata hukum. Karena setiap mengelola anggaran negara harus dapat dipertanggungjawabkan transparan dan akuntabel.

Chrisna Putra mengatakan hal itu saat menghadiri sosialisasi peningkatan kinerja ASN dalam pengelolaan anggaran negara di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2020 di Aula SDN 82, Pekon Way Sindi, Kecamatan Karya Penggawa, Rabu (14/10).

Ia berterima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Barat selaku narasumber yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan pengalaman terkait pengetahuan hukum dalam rangka mencegah tindak pidana korupsi.

Bupati juga mengapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Barat yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan kepada para kepala sekolah yang telah hadir.

Baca Juga :  Pjs. Bupati Pesibar Membuka Acara Kegiatan Masyarakat Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata

“Kepala sekolah pada umumnya berlatar belakang pendidikan keguruan yang kesehariannya adalah mengajar, mendidik siswa supaya menjadi lebih cerdas. Karena latar belakangnya ialah pendidik, itu hal yang wajar dan lumrah jika pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang hukum juga sangat minim atau lemah,” ujar Chrisna.

Namun demikian, lanjut ia, dalam jabatannya sebagai kepala sekolah berwenang dalam mengelola rumah tangga sekolah yang mandiri, termasuk di dalamnya ialah mengelola anggaran yang bersumber dari APBN maupun APBD.

Chrisna berharap kegiatan ini akan dapat menambah wawasan dan masukan ilmu sangat baik, agar kemampuan bapak ibu sekalian dalam pengelolaan anggaran negara menjadi semakin lebih baik.

“Selain itu juga dapat menghindari hal-hal yang bisa menjerumuskan bapak ibu sekalian ke dalam masalah-masalah yang terkait dengan hukum,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments