Pengamanan Rakso Yogyakarta yang Solid di “Nawu Enceh”

  • Whatsapp

Rakso Yogyakarta menurunkan ratusan personilnya mulai kamis wage (10/9/2020) hingga jumat kliwon (11/9/2020), dalam pengamanan malam jumat kliwon dan Nawu Enceh di makam raja mataram kota gede dan Imogiri di bagi menjadi lima pos jaga, sebagai DANRU satu Muladi, DANRU dua Sugiyono, DANRU tiga Sartono, DANRU empat Ramiya, DANRU lima Ari Widyatmoko,

Kemudian saat pelaksanaan nawu enceh di makam Raja – Raja Imogiri Jumat Kliwon, ratusan personil Rakso di turunkan untuk membantu pengamanan pelaksanaan ritual nawu enceh mengingat pengunjung yang hadir juga banyak dari luar DIY, Jumat 11 /09/ 2020.

Menurut ketum Rakso Yogyakarta Joko Waluyo” kami semua Rakso Yogyakarta dalam kesempatan ini ikut menjaga pelaksanaan nawu enceh sebagai bentuk kecintaan kami sebagai masyarakat Yogyakarta yang majemuk, baik etnik budaya, agama maupun adat istiadatnya, bakti kami semua tanpa pamrih,” jelas Joko.

Baca Juga :  Jumat Berkah, IPKOY Berbagi untuk Ojol dan Kaum Dhuafa

Pengamanan malam jumat kliwon berjalan dengan aman dan terkendali demikian disampaikan oleh Bayu selaku Sekretaris Rakso Yogyakarta.

Seusai acara ritual nawu enceh terlihat kekompakan antar anggota Rakso yang  pada saat itu diikuti personil lima kabupaten kota, memperlihatkan jiwa korsa dan garis komandonya.

Sebagai perwakilan dari Rakso Imogiri sekaligus perwakilan abdi dalem di puroloyo Andy menyampaikan ” Saya ucapkan terimakasih atas dukungan semua personil Rakso, semoga semuanya menjadikan keberkahan untuk kita semua,” tegasnya.

Sementara itu pengunjung nawu enceh yang berasal dari luar DIY yang enggan di sebut namanya mengatakan bahwa dirinya setiap prosesi nawu enceh selalu hadir dengan keluarganya. “Saya selalu datang di setiap prosesi ini, tujuan saya ngalap berkah, semoga keluarga saya dimanapun kapanpun semoga selalu di berkahi,” pungkasnya. (Mungkas)

Facebook Comments