Pemprov Lampung Rekrutmen Ratusan CPNS Usai Lebaran

  • Whatsapp
Pemprov Lampung Rekrutmen Ratusan CPNS Usai Lebaran. Foto: Ist

Pemerintah berencana melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun anggaran 2021. Rekrutmen akan dijadwalkan setelah hari rya Idulfitri 1442H.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Lampost.co, jadwal seleksi CPNS dan PPPK 2021 terdiri dari pengumuman seleksi pada 30 Mei-13 Juni 2021, pendaftaran seleksi 31 Mei-21 Juni 2021, pengumuman jadwal tes CPNS dan PPPK Non Guru 1 – 30 Juni 2021, masa sanggah 1-11 Juli 2021, pelaksanaan SKD CPNS (CAT BKN) Juli-September 2021, seleksi kompetensi PPPK Non Guru (CAT BKN) Juli-September 2021 setelah SKD CPNS selesai dimasing-masing lokasi.

Kemudian seleksi kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud) yakni tes I pada Agustus 2021, tes II pada Oktober 2021, tes III pada Desember 2021. Selanjutnya pelaksanaan SKB CPNS pada September-Oktober 2021, pengumuman akhir dan masa sanggah pada November 2021, lalu penetapan NIP CPNS/Nomor Induk PPPK pada Desember 2021.

Baca Juga :  Kasiren Korem 043/Gatam Buka Sosialisasi Bimtek Sisfo TNI AD dan Bimtek Bin Infolahta Semester II 2021

Kepala Kantor Unit Pelaksana Teknis Badan Kepegawaian Negara (UPT BKN) Provinsi Lampung, Muhammad Mujaedi mengatakan pihaknya masih menunggu informasi resmi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Saat ini, Pemprov masih dalam tahap persiapan.

“Secara resminya Kemenpan RB, belum mengumumkan. Kalau dilihat urutan tanggalnya, sepertinya iya. Dengan catatan tidak ada perubahan, mengingat masih pandemi,” katanya, Minggu, 9 Mei 2021.

Mujaedi memperkirakan dalam waktu dekat akan diumumkan secara resmi jadwal pelaksanaan dan kuota penerimaan CPNS dan PPPK tahun anggaran 2021 secara nasional. Mengenai jumlah persis kuota CPNS dan PPPK di Lampung pihaknya masih menunggu persetujuan dari pusat.

“Mungkin enggak lama lagi Kemenpan RB akan mengumumkan secara nasional. Belum di-ACC,” katanya.

Baca Juga :  Prajurit dan PNS Korem 043/Gatam Ikuti Vicon Kesehatan Tentang Serangan Jantung

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung, Yurnalis mengatakan bahwa BKN dan Menpan RB memang telah menginformasikan jadwal rekrutmen CPNS. Namun terkait formasi, regulasi, dan teknisnya belum diterima lantaran masih pandemi covid-19.

Ia mengatakan, khusus di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung diusulkan sebanyak 900 orang, namun setelah proses validasi tersisa 494 orang. Rinciannya, 301 untuk formasi PPPK dan 193 untuk CPNS.

“Informasi bisa diakses lewat online, tes juga pakai CAT. Masyarakat jangan terpancing dengan oknum penipu yang tidak bertanggung jawab menjanjikan peserta CPNS bisa lulus. Calon peserta mempersiapkan diri belajar sebaik mungkin. Ketika tes nanti, hasilnya bisa langsung diketahui hari itu juga,” katanya. (*)

Baca Juga :  Dua Begal Sadis di Lampung Utara Dilumpuhkan Polisi

Pos terkait