Pemprov Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

  • Whatsapp
Pemprov Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Foto: Ist

Bandar Lampung — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus mendorong jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengoptimalkan kinerjanya. Melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pihaknya melakukan evaluasi dan penilaian.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung, Fahrizal Darminto, mengatakan Kemenpan-RB telah melakukan evaluasi SAKIP Tahun 2020, pelaksanaan evaluasi ini berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

“Komponen yang dinilai dalam evaluasi SAKIP meliputi perencanaan kerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja,” katanya disela Rapat Tindak Lanjut Hasil Evaluasi SAKIP Tahun 2020, di Ruang Abung Balai Keratun, Jumat, 28 Mei 2021

Baca Juga :  DPD PKS Metro Berkurban 3 Ekor Sapi dan 4 Kambing

Dalam evaluasi SAKIP tersebut diketahui sejak tahun 2017, nilai hasil evaluasi Provinsi Lampung terus mengalami perbaikan dan peningkatan. Untuk tahun 2020, Lampung mencapai nilai 66,04 dengan Predikat Akuntabilitas Kerja B.

“Oleh sebab itu, rapat ini diselenggarakan guna menindaklanjuti hasil evaluasi SAKIP dan menyamakan persepsi sebagai upaya mencapai sinergi untuk bekerja lebih baik, agar pencapaian di tahun depan dapat lebih baik lagi,” ujarnya.

Fahrizal menjelaskan bahwa hal-hal yang perlu diperhatikan terkait implementasi SAKIP diantaranya kejelasan kinerja yang akan dicapai, program/kegiatan yang efisien dan efektif, dan terakhir pemantauan dan evaluasi berkelanjutan. Ia mengimbau agar dinas-dinas terkait memperbaiki seluruh dokumen perencanaan.

“Saya mengimbau agar sekretaris dinas merevitalisasi dan memperkuat SDM khususnya di bagian perencanaan,” kata Fahrizal.

Baca Juga :  Sulitnya Ekonomi, Penjual Seni Lukis Tetap Urusi Anak Yatim Piatu

Sebelumnya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2020 dengan Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan pihaknya terus memantau evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) sesuai dengan kinerja dan kemampuannya sesuai dengan aturan hukum serta perundang-undangan yang berlaku.

“Saya menginginkan setiap OPD mengalami perbaikan dan peningkatan kinerjanya setiap tahun sebanyak 10%. Pimpinan harus mendorong monitoring dan pengendalian kinerja ini. Maka perlu komitmen untuk terus akuntabel dan evaluasi kinerja demi perbaikan,” ujar Arinal. (*)

Facebook Comments