Pemprov Ajak Publik Wujudkan Indonesia Sehat

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG- Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, mengajak semua pihak mewujudkan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Ini diungkapkannya saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN ) ke – 55, di Balai Keratun Provinsi Lampung, Senin (18/11).

Peringatan HKN tahun 2019 ini mengusung tema Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga. Tema ini menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Saya berharap rangkaian kegiatan peringatan HKN ini bermanfaat seluruh masyarakat dan jadi ajang menyosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia sehat dan Lampung sehat khususnya,” ujar Fahrizal.

Fahrizal juga mengatakan selain penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Baca Juga :  Kejari Berikan Bantuan Ambulance Covid-19 ke Pemkab Pringsewu

Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

Karena itu, terbitlah Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), lintas sektor dan lintas program bersama-sama mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia kuat.

“Semangat melayani, semangat menggerakan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan kesehatan kita,” ujar Sekda Fahrizal.

Fahrizal berharapk peringatan HKN ini sebagai momentum berbagi tantangan, menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat seluruh masyarakat Lampung, untuk lebih memberi makna akan pentingnya kesehatan. Hal ini sebagai salah satu paya mewujudkan salah satu Visi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi “Rakyat Lampung Berjaya (Aman, Berbudaya, Maju dan Berdaya Saing, Sejahtera).

Baca Juga :  Antisipasi lonjakan Covid-19 Bupati Nanang Himbau Shalat Idul Adha Dirumah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menyampaikan tujuan peringatan HKN ialah momentum pengingat publik bahwa derajat setinggi-tingginya akan terwujud, bila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan. Itu bisa dilakukan dengan memprioritaskan promotif – preventif, kian menggalakkan, dan melembagakan Germas.

Diharapkan dari Pemerintah Pusat, daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akedemisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan.

“Diharapkan masyarakat kian mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat,” ujar Reihana. Acara HKN ini merupakan puncak dari rangkaian acara yang telah dilakukan dalam rangka memeriahkan HKN tahun 2019.

“Beberapa rangkaian acara yang telah kita lakukan di antaranya Videoconference dengan Menteri Kesehatan, seminar kesehatan, lomba olah raga rakyat, dan penilaian serta pemberian penghargaan tenaga kesehatan teladan Provinsi Lampung tahun 2019,” katanya.

Baca Juga :  Team Vaksinator Puskesmas Wira Bangun Gelar Vaksinasi

Adapun beberapa kategori penerima penghargaan pada HKN 2019 ini ialah Kategori Tenaga Dokter, Kategori Tenaga Perawat, Kategori Tenaga Bidan, Kategori Tenaga Kesehatan Masyarakat, Kategori Tenaga Kesehatan Lingkungan, Kategori Tenaga gizi, Kategori Tenaga Farmasi.

Tak hanya itu, ada pula Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri yang dibagi menjadi dua yaitu Kategori Puskesmas wilayah pedesaan dan Katergori Puskesmas Wilayah Perkotaan. (humas prov)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.