Pemkot Segera Rampungkan Smart City

BANDARLAMPUNG- Pemerintah Kota Bandarlampung akan segera merampungkan proyek smart city (kota cerdas) di tahun 2020, apalagi Diskominfio setempat sudah membuat jaringannya di 20 kecamatan dan kantor dinas yang ada.

“Yang sudah kita lakukan untuk menuju smart city ini, yakni telah membangun jaringan di semua kecamatan dan kantor dinas sebagai jembatan untuk perangkat lainnya yang akan kita pasang,” kata Kadis Kominfo Kota Bandarlampung, Ahmad Nurizki, di Bandarlampung, Minggu.

Ia menegaskan bahwa tahun ini, pihaknya akan menambah beberapa item yang diperlukan untuk membackup data center dan membangun Command Center (pusat komando).

“Jadi, ke depan pusat komando akan berada di sini yang bisa berintegrasi langsung ke semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Bandarlampung,” kata dia.

Baca Juga :  Diperiksa Kejati, Ini Tanggapan Ketua SMSI Lampung

Kemudian, Diskominfo juga akan membuat video conference yang diperuntukkan pimpinan berkomunikasi secara langsung dengan semua dinas baik yang ada di dalam lingkungan pemerintahan maupun di luar.

Ia menjelaskan bahwa sebelum merampungkan proyek ini pihaknya sudah banyak belajar dengan melakukan kunjungan ke berbagai daerah yang terlebih dahulu memiliki atau menjalankan smart city-nya seperti Bandung, Semarang, Deli Serdang dan Living Telkom.

“Kita nanti akan membuat aplikasinya sendiri dan bisa saja dikombinasikan dengan aplikasi lainnya,” jelasnya.

Rizki sapaan akrabnya berharap dengan adanya smart city dan kemajuan teknologi yang pesat, ke depan akan mempermudah pelayanan dan koordinasi baik kepada masyarakat maupun OPD.

“Kita doakan saja semoga semua rencana ini berjalan dengan baik tanpa hambatan,” kata dia. (ant)

Baca Juga :  Sekdaprov Buka Rakor Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Wilayah Lampung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.