Pemkab Way Kanan Serius Tingkatkan Pertanian

  • Whatsapp

WAY KANAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan memberikan perhatian serius dalam peningkatkan hasil pertanian yang berada di wilayahnya. Sebab, hal itu sejalan dengan visi pemkab, yaitu maju dan berdaya saing serta mewujudkan misi revitalisasi kebijakan pertanian dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas.

Hal itu disampaikan Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya saat meresmikan dan membuka sosialisasi Unit Layanan Cepat (ULC) Rumah Pintar (Rumpi) Way Kanan di Aula Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP), Selasa (29/10/2019).

“Selain itu, nilai tambah hasil pertanian melalui pengembangan produk unggulan daerah, pemkab sangat mendukung animo masyarakat untuk terus berusaha di bidang pertanian,” ujarnya, seperti dilansir Lampost.co.

Baca Juga :  Wakapolda Lampung buka Rakorbin SDM dan PNS Polri Polda Lampung TA. 2021

Untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan di bidang pertanian yang sering terjadi di lapangan memerlukan strategi pelayanan untuk mendukung peningkatan produksi pertanian.

“Salah satunya yaitu Rumpi yang merupakan solusi yang digunakan sebagai media mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani,” katanya.

Dalam proses kegiatan Rumpi harus memiliki ULC untuk melaksanakan kegiatan pelayanan yang cepat dan tanggap.  “Diharapkan tim ULC yang terdiri dari kepala bidang, pokjanal, koordinator POPT, dokter hewan, KTNA kabupaten, dan brigade alsintan dapat bekerja sama dengan baik, saling berkoordinasi dan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab,” katanya.

Kepala Dinas TPHP Way Kanan Maulana mengatakan mekanisme Rumpi adalah menerima informasi yang terjadi di sektor pertanan, identifikasi, menganalisis, dan menindaklanjuti di lapangan oleh tim ULC.

Baca Juga :  Kapolda Lampung Hadiri Apel Kasatwil Polri Tahun 2021 di Bali

Dalam melaksanakan fungsinya, Rumpi didukung teknologi IT berbasis telekomunikasi. Rumpi bertujuan terlaksananya pelayanan yang cepat dalam memberikan solusi kepada petani dalam menghadapi perubahan dan tantangan yang terjadi di lapangan.

“Selain itu, terwujudnya peningkatan produktivitas dan kualitas bidang tanaman pangan, hortikultura dan peternakan. Kemudian efisiensi usaha tani, diversifikasi usaha tani, petani berorientasi bisnis, serta menguatnya kelembagaan tani,” katanya.

Selain itu, Pemkab Way Kanan menyerahkan bantuan operasional 14 sepeda motor kepada koordinator penyuluh di 14 kecamatan. Anggaran untuk bantuan itu berasal dari dana alokasi khusus bidang pertanian tahun 2019. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.