Pemkab Pesisir Barat Gelar Rapat Tim Bansos Pangan Sembako

  • Whatsapp
Pemkab Pesisir Barat Gelar Rapat Tim Bansos Pangan Sembako

Pesisir Barat – Pemkab Pesisir Barat menggelar rapat tim Bantuan Sosial (Bansos) Pangan Sembako di Lamban Joglo Durian Bungkuk, pada Selasa 05 Oktober 2021.

Rapat tersebut dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Pesisir Barat, Ir. N. Lingga Kusuma, MP. di dampingi Kepala Dinas Sosial Agus Triadi, S.Sos, MM.

Turut Hadir dalam acara tersebut, Para Kepala OPD atau yang mewakilinya, perwakilan Kapolres Lampung Barat, Perwakilan Bank BRI, Para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), para perwakilan Camat Se-Kabupaten dan para anggota Tim Bansos Pangan Sembako.

Lingga Kusuma menyampaikan bahwa rapat digelar dalam rangka optimalisasi pelaksanaan penyaluran Bantuan Sosial Non tunai khususnya program sembako.

“Selanjutnya untuk menindaklanjuti temuan yang didapati dalam berbagai kunjungan kerja Daerah, serta hasil pemantauan terpadu Tim Pengendali pelaksana penyaluran Bantuan Sosial Nontunai sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden No 63 Tahun 2017,” tegas Lingga Kusuma.

Sekda Kabupaten Pesisir Barat juga mengatakan bahwa bantuan ini nanti dilakukan untuk :

1. membantu mempercepat penyaluran/pemanfaatan Bansos khususnya dalam masa pandemi Covid-19. Termasuk membantu mempercepat distribusi kartu keluarga sejahtera (KKS) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan memperhatikan Protokol Kesehatan.

2. Memvalidasi data sehingga keluarga rentan dan miskin yang masih ada diluar DTKS dan belum mendapatkan Bansos agar segera diusulkan masuk dalam DTKS.

3. Mendorong pengelolaan E-Warong berjalan dengan baik sesuai peraturan yang berlaku.

4. Melaksanakan Pemantauan Pengendalian secara rutin, serta menerima laporan dari masyarakat (Pengaduan) dalam pelaksanaan program sembako.

Akhir dari arahannya, Sekda Kabupaten Pesisir Barat meminta dukungan dari para Stakeholder agar Program Bansos dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

Pos terkait