Pemkab Pesibar Gelar Rakor Tentang Penerapan PPKM Berbasis Mikro

  • Whatsapp
Pemkab Pesibar Gelar Rakor Tentang Penerapan PPKM Berbasis Mikro. Foto: Ist

Pesisir Barat – Pemkab Pesisir Barat menggelar Rapat Koordinasi Tentang Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan optimalisasi Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 ruang Cukuh Tangkil Setdakab, Jum’at 09 Juli 2021.

Rapat tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H di dampingi SekdaKab Pesisir Barat Ir.N. Lingga Kusuma, MP Selaku Wakil Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pesisir Barat.

Rapat tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Intruksi Dalam Negeri No 17 Tahun 2021 Menginstruksikan agar kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro diperpanjang dan lebih mengoptimalkan Pos Komando (Posko) Penangan Corona Virus Disease 2019 di tingkat Desa dan Kelurahan.

Baca Juga :  PLN Sajikan Same Day Service, Dongkrak Ekonomi Lampung

Turut hadir dalam acara tersebut diatas, Asisten I Bidang Pemerintahan Audi Marpi, Spd., MM., Ka. BPBD Syaifullah, S.Pi selaku Sekretaris Tim Satgas Covid-19 Pesisir Barat, para Bidang Tim Satgas Covid-19 Pesisir Barat beserta Anggotanya, danTim Gugus Tugas Covid-19 Tingkat Kecamatan dan Tingkat Pekon.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Pesisir Barat menegaskan kepada semua pihak terkait untuk lebih bersungguh-sungguh, tertib, disiplin dan penuh tanggung jawab menaati ketentuan peraturan perundang-undangan terkait penanggulan Covid-19.

Wakil Bupati Juga menghimbau untuk melaksanakan aturan Pemerintah dengan mematuhi Protokol Kesehatan dengan mengikuti gerakan 5 M .

1. Memakai masker.

2. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

3. Menjaga jarak.

4. Menjauhi kerumunan.

5. Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Baca Juga :  Pembukaan Musda ke II DPD AWPI Lampung, Ini Pesan Ketum DPP AWPI

Kemudian himbauan untuk tidak melaksanakan Sholat Idul Fitri secara berjamah atau bersamaan akan tetapi melaksanakan secara sendiri di rumah masing- masing demi untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Wakil Bupati pesisir Barat juga menekankan kepada Camat dan Peratin untuk memberikan arahan kepada lapisan masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang akan menimbulkan kerumunan ataupun suatu kegiatan yang mengumpulkan orang banyak dalam bentuk positif.

Kemudian dilanjutkan arahan SekdaKab Pesisir Barat Ir.N. Lingga Kusuma, MP Selaku Wakil Ketua Tim Satgas Covid-19 Kab. Pesisir Barat menjelaskan, PPKM Mikro ini sangat Penting karena salah satu cara Yang sangat cepat dan baik dalam menangani penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesisir Barat.

“Saat ini langkah yang di tempuh oleh Pemkab Pesisir Barat yaitu dengan membentuk Pos penyekatan di berbagai titik yang ada di perbatasan wilayah utuk mengontrolisasi arus jalur kendaraan,” tegas Lingga.

Baca Juga :  Asisten Setprov Wakili Gubernur Hadiri Pelantikan Pengurus DPD AWPI Provinsi Lampung

“Seluruh kelurahan/desa dalam suatu kabupaten/kota yang memberlakukan PPKM Mikro wajib menerapkan pembatasan yang diterapkan Pemerintah,” tambahnya.

Pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa/Kelurahan juga harus terdiri dari berbagai unsur.

“Kegiatan di fasilitas umum atau fasilitas sosial budaya yang berpotensi menimbulkan kerumunan dihentikan sementara. Selama PPKM Mikro berlangsung,” jelas Lingga.

“Posko bertugas melakukan pengendalian infeksi Covid-19, mulai dari sosialisasi protokol kesehatan Prokes, penegakan prokes, pendataan pelanggaran prokes, hingga pelaporan perkembangan penanganan Covid-19 secara berjenjang,” tegasnya. (*)

Facebook Comments